Tebing Longsor Di Perumahan Alam Bapangan Green Residence, Menimpa Rumah Warga

Tebing Longsor Di Perumahan Alam Bapangan Green Residence, Menimpa Rumah Warga.

NKRIPOST.COM, JEPARA – Naas Pondasi dan pagar yang pembatas antara rumah warga desa Bapangan dan perumahan Alam Bapangan Green Residence Longsor. Kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 11.30 tebing setinggi kurang lebih 5 m longsor menimpa sebuah rumah. Kamis, (31/12/2020)

Salah satu Rumah yang tertimpa longsor milik warga RT02 RW 02 bernama Aripin, Menurut Aripin dan warga yang lain sudah memperingatkan pengembang kalau sudah terlihat ada retakan di talut atau pondasi tebing. “Saya dan beberapa warga sudah memperingatkan pengembang sebelumnya. Tetapi tidak ada tanggapan. Akhirnya terjadi seperti ini ,rumah saya hancur ,” ungkap Aripin yang dibenarkan warga yang lain.

Kerusakan parah bagian samping rumah yang notabene untuk beberapa kandang ternak antara lain , burung,bebek,ayam dan kambing. Kalau di taksir bisa mencapai puluhan juta rupiah. ” Saya belum bisa menghitung kerugian saya. Penginnya diganti oleh pengembang. Yang asalnya baik jadi baik”, tambah Aripin sambil mempelihatkan rumah utama yang ikut rusak dan retak-retak.

Awak media mencoba menkonfirmasi ke pengembang tetapi tidak menemukan kantor pemasaran di perumahan itu. Menurut warga yang tidak mau disebutkan namanya. ,” Itu milik H. FA yang juga notaris”, jelasnya. Ketika coba ditemui awak media di kantornya kosong karena pas jam istirahat.

Kejadian ini juga ditanyakan ke ahli dari teknik sipil lulusan Undip yang bernama Lokman Z. ” Talut hanya menggunakan pondasi sedikit batu dan precast block. Itu sangat tidak layak. Harus menggunakan batu bronjong (batu dibungkus kawat harmonika) atau relaining wall . Setelah itu beton blocknya minimal yang concrete block sehingga lebih kuat “, jelasnya. ” Precast block hanya untuk pagar atau dinding”,pungkasnya.

Loading...

NKRIPOST – KRIS KOPRAL/PURNOMO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *