Pergerakan Indonesia Gelar Dialog Interaktif Cegah Hoaks dan Dukung Program Vaksinasi Covid-19

Nkripost, Medan – Sejak Februari 2021 lalu, pemerintah terus menggalakkan program vaksinasi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Dimulai dengan Presiden RI Joko Widodo dan jajaran petinggi negeri, tenaga kesehatan (Nakes), TNI Polri, Manula, kini program vaksinasi terus meluas hingga ke berbagai profesi dan masyarakat luas.

Namun, program vaksinasi ini masih menjadi polemik di benak masyarakat. Terlebih dengan simpang siurnya informasi tentang efektivitas dan plus minus Vaksin Sinovac yang digunakan Indonesia dalam memerangi virus corona.

Sebagai jawaban atas polemik tersebut, DPP3 Pergerakan Indonesia (PI) Sumatera Utara, menginisiasi kegiatan Dialog Interaktif Nasional yang digelar di Le Polonia Hotel, Jalan Sudirman, Medan, Kamis (18/3/2021).

Dengan tema ‘Cegah Hoaks, Lindungi Keluarga dengan Vaksin Covid-19’ dalam kegiatan yang dimoderatori Ir Arief Haryadian, M.Si, menghadirkan 3 orang narasumber dari berbagai profesi diantaranya DR dr Beni Satria, S.Ked, MKes, SH, MH (Kes), (Direktur RSU Bunda Thamrin sekaligus Anggota Satgas Penanganan Covid-19 Sumut), Ir Heri Batangari Nasution, M.PSi (Ketua Laznas Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia-Sumut/Wakil Ketua Kadin Sumut  dan Dr Ir Yusriando (Direktur Umum dan Kerjasama RSU Royal Prima dan Sekretaris Pasca Sarjana Unpri).

Ketua Panitia kegiatan Juliadi, SH, MH dalam kata sambutannya mengatakan, dengan digelarnta kegiatan ini, diharapkan, berbagai informasi yang tidak benar atau hoax tentang program vaksinasi covid-19, terjawab.

“Tekad kita, bagaimana bangsa ini lepas dari pandemi, semua masyarakat sehat dan ekonomi bangsa bisa bangkil kembali seperti masa sebelumnya.

Loading...

Menimpali hal itu, Ketua DPP PI Sumut, Ade Sandrawati Purba, SH, MH menjelaskan, bahwa dialog interaktif ini merupakan wujud peran serta mereka dalam membantu pemerintah mensosialisasikan tentang pentingnya vaksin dalam memerangi virus corona.

“Program ini merupakan tindak lanjut  dari Presiden Jokowi kepada Mabes Polri dan kita realisasikan lewat menggelar dialog interaktif nasional dengan menghadirkan sejumlah nara sumber yang qualified,” ucap Ade.

Dalam hal ini, Ade Sandra juga memuji langkah aparat kepolisian di bawah pimpinan Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang begitu aktif mensosialisasikan dan turun langsung dalam melaksanakan vaksinasi Covid-19.

Loading...

“Karena itu, kami sangat berharap organisasi yang hadir bisa menjadi motor untuk memberikan informasi yang benar tentang kegunaan vaksin untuk kita keluarga dan orang-orang di sekitar. Lewat kegiatan ini juga, harapannya, berita hoaks bisa diminimalisasi. Jangan sia-siakan kesempatan dalam dialog ini. Karena tak kenal maka tak kebal,” sebutnya.

“Mari sama-sama kita menjadi sumber informasi yang benar dari vaksinasi. Jangan pernah takut pemerintah akan menjadi sesuatu yang baik dan benar. Ekonomi bangkit jika masyarakat sehat dan sejahtera.

Sementara, berjalanan dialog interaktif itu cukup disambut antusias peserta yang hadir dari berbagai elemen masyarakat dan ormas seperti FKPPI, unsur partai, Ikatan Wartawan Online (IWO) Sumut, LSM Forum Masyarakat Pemantau Negara (Formapera) dan lainnya.

Para peserta tampak saling berlomba bertanya kepada para nara sumber terkait perkembangan pandemi dan program vaksinasi yang dicanangkan pemerintah.

Sementara, kegiatan ini sendiri ditutup dengan pemberian cendera mata kepada nara sumber dan moderator yang masing-masing diserahkan
Perwakilan Mabes Polri yang turut hadir.
(AVID/r)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *