Satgas Yonif RK 744 Gelar Baksos Serentak Di Perbatasan RI-RDTL

Nkripost, Atambua – Di sisa-sisa masa penugasan di wilayah perbatasan, Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif RK 744/SYB menggelar Bakti Sosial secara serentak yang dilaksanakan oleh Mako Satgas, Jajaran Kipur 1 dan Kipur 3 Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur di Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif RK 744/SYB Letkol Inf Alfat Denny Andrian, dalam rilis tertulisnya, Selasa (19/02/2021).

Dikatakannya, Bakti sosial yang dilaksanakan secara serentak meliputi Pembagian sembako, pengobatan gratis dan donor darah.

“Seperti halnya di Mako Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur sebelum melaksanakan Baksos juga ada sosialisasi Covid yang diberikan langsung oleh Dokter satgas Lettu Ckm Rukmana Wijayanto.” jelasnya

“Tujuannya tentu adalah agar masyarakat di masa pandemi saat ini, lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan seperti wajib bermasker, rajin mencuci tangan dengan sabun dan selalu menjaga jarak.” tuturnya

Terpisah, dr. Rukmana Wijayanto selaku dokter satgas mengatakan warga memang harus rajin untuk diingatkan dan dirinya yang berprofesi sebagai tenaga kesehatan memiliki kewajiban moral untuk mengingatkan dan menghimbau.

Loading...

“Kami memiliki kewajiban moral untuk menghimbau dan mengingatkan akan pentingnya menerapkan protokol kesehatan, karena mungkin masih banyak yang belum mengetahui bahkan menyadari betapa berbahayanya virus Covid-19 terhadap kesehatan, terutama mereka yang memiliki penyakit bawaan yang justru dampaknya sangat berbahaya dan mengancam jiwa penderitanya itu sendiri. Kami juga menjelaskan bagaimana ciri dan karakter Virus Covid-19 ketika virus tersebut menyerang, termasuk memberi gambaran cara mengatasinya karena virus ini bisa disembuhkan sehingga harapannya warga tidak perlu takut namun juga jangan lengah, ” sebutnya

Dalam kegiatan bakti sosial berupa penyuluhan covid, bagi sembako, pengobatan gratis dan donor darah dihadiri oleh 30 peserta yang diantaranya Bambang selaku Camat Umanen Atambua Barat, Yulius Fahik, A.md selaku Kapuskesmas Umanen, Dr. Joice Manek selaku Kepala UTD (Unit Tranfusi Darah) PMI Atambua Belu, 12 orang Nakes PMI Atambua, 7 Nakes Puskesmas Umanen, Ustad Ahmad Majedin, S.Sos, Staf desa Umanen dan 20 orang peserta penerima sembako.

Pembagian sembako diberikan secara simbolis oleh Dankima Satgas Lettu Inf Paulus P. Kedang, Camat Umanen dan Pabintal Satgas Letda Inf Ikmal kepada perwakilan warga Umanen peserta penerima sembako tersebut.

Loading...

Antusias warga yang hadir terbukti ketika pemeriksaan kesehatan gratis, sebanyak 25 orang warga yang memeriksakan kesehatannya, dan untuk donor darah diikuti oleh personel Mako Satgas sebanyak 9 orang.

Sementara, Bambang selaku Camat Umanen manyampaikan rasa terima kasihnya kepada Satgas Pamtas Yonif RK 744/SYB.

“Saya sangat mengapresiasi apa yang sudah dilakukan Satgas Yonif RK 744 dengan menggelar Baksos ini, dimana ini adalah wujud kepedulian dan kemanunggalan TNI dengan rakyat. Ini yang saat ini memang sangat dibutuhkan warga, semoga hal seperti ini dapat terus dilaksanakan oleh satgas berikutnya. Sekali lagi terima kasih banyak kepada Satgas yang telah mengadakan Baksos di tengah pandemi Covid saat ini.” ungkapnya

Blasius Dominiti (67) warga Umanen sangat bersyukur dan berterima kasih atas baksos berupa pembagian sembako dan pengobatan gratis termasuk sosialisasi covid-19 yang diberikan tersebut, menurutnya kegiatan ini sangat menyentuh dan bermanfaat bagi warga desa Umanen khususnya warga perbatasan RI-RDTL.

Selain kegiatan Baksos di Mako Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur, juga dilaksanakan oleh pos Damar jajaran Kipur 1 dan beberapa pos jajaran Kipur 3 Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif RK 744/SYB yang dilaksanakan secara door to door.

Nkripost- Agus Tamelab

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *