Jalan Kehidupan Bagi Petani, Warga Desa Kalamus Siap Hibahkan Tanah

Kunjungan Kadis Pertanian Kab. Barito Timur, Trikorianto Di Desa Kalamus

Nkripost,Tamiang Layang – Terus berjuang dan berusaha menuju sejahtera tak cukup hanya semangat dan anugerah alam yang subur. Infrastruktur yang layak juga mutlak diperlukan. Petani Desa Kalamus, Kecamatan Paku, Kabupaten Barito Timur, Provinsi Kalimantan tengah perlahan menapakinya dengan siap menghibahkan tanah untuk para petani di Desa kalamus demi kemajuan bersama

Pada kunjungan Kepala Dinas (Kadis) Pertanian Kabupaten Barito Timur, Trikorianto bersama Kabid dan Kasie dari Dinas Pertanian dan WKPP Desa Kalamus Yutarina ke Desa Kalamus melaksanakan upaya perencanaan Jalan Usaha Tani di desa kalamus. Selasa (19/1/2021)

Kedatangan Kadis Pertanian tersebut mendengar keluhan petani sawah yang tidak mempunyai Jalan Usaha Tani Untuk mengeluarkan Hasil pertanian di respon cepat Oleh Kadis Pertanian Trikorianto saat memberikan arahan dan solusi bagi para petani di desa kalamus.

WKPP Desa Kalamus, Yutarina yang selalu mendampingi Para Kelompok Tani, menjelaskan bahwa ada 4 kelompok Tani Sawah di daerah tersebut yaitu Koptan Asip Hamen Welum, Sama Taka,Tetei welum dan Panganrawan yang menurutnya sangat susah mengeluarkan hasil panen padi tersebut karena jalan yang di tempuh Sulit dan harus mengeluarkan hasil panen sebesar Rp 20.000/Rp 30.000 perkarung padi sedangkan sekali panen ratusan karung sampai ribuan karung Padi Karena jalan yang sulit harus menerobos Hutan dan kebun-kebun Warga setempat.

Loading...

Memahami akan kesulitan para petani tersebut, H.Miharso salah satu warga Desa Kalamus siap menghibahkan tanahnya untuk di jadikan jalan demi kepentingan bersama

“Saya akan siap menghibahkan tanah untuk warga petani supaya mempunyai jalan Usaha Tani yang Bisa di Lalui Oleh warga dan kalau bisa Mobil supaya Jalan yang lebar dan bermanfaat bagi Orang banyak.” Ujar H.Miharso.

Senada dengan M. Miharso,memahami akan pentingnya Infrastruktur jalan, Tingki, yang juga merupakan salah satu warga Kalamus siap menghibahkan tanahnya demi pembangunan jalan.

Loading...

“Saya siap menghibahkan tanah untuk para petani di Desa kalamus demi kemajuan bersama, Sangatlah miris apa bila melihat petani memperjuangkan hidup mereka tanpa jalan yang baik bagi mereka.karena mata pencarian adalah bertani dan bersawah.” Kata Pak Tingki Kepada Awak media.

Para petani berharap dan meminta kebijakan pemerintah Kabupaten Barito Timur Untuk Membantu membuatkan Jalan Usaha Tani yang dapat di lalui Mobil karena menurut para Petani, areal persawahan tersebut merupakan Jantung Petani Sawah Desa Kalamus.serta agar para petani dapat merasakan Kemajuan apa bila di buat jalan utama bagi mereka di kawasan itu.(Kris/A1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *