Banyumas Berpeluang Terima Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya Utama

Sekda Kab. Banyumas Wahyu Budi Saptono

NKRI POST, JATENG – Kabupaten Banyumas berpeluang menerima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tingkat Utama Tahun 2020 setelah masuk sesi verifikasi lapangan. Penghargaan APE digelar oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, Banyumas dinilai secara virtual Senin (22/03/2021) di Smart Room Graha Satria Purwokerto.

Pelaksanaan verifikasi virtual dari Kementrian dipimpin oleh Yuni Satria dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Banyumas Wahyu Budi Saptono, turut hadir Ketua TP-PKK Ny. Erna Husein, Kepala Bappedalitbang, Kepala DPPKBP3A serta sejumlah kepala OPD terkait lainnya.

Yuni Satria mengatakan bahwa acara ini bertujuan untuk melihat lebih dalam data dan informasi pengakuan gender berdasarkan pengisian formulir evaluasi. Sehingga tim memperoleh data yg lebih lengkap, komprehensif dan objektif sebagai dasar pertimbangan dalam menominasikan calon penerima Anugerah Parahita Ekapraya (APE).

Loading...

“APE merupakan penghargaan yang diberikan kementerian/lembaga dan pemerintah daerah yang dinilai telah berkomitmen dalam pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak serta memenuhi kebutuhan anak. Serta sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan Pemerintah Daerah khususnya Banyumas dalam upaya memwujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam Strategi Pengarusutamaan Gender (PUG),” katanya.

Sementara itu Bupati Banyumas Achmad Husein melalui Sekda Kabupaten Banyumas Wahyu Budi Saptono menyambut baik atas dilaksanakannya verifikasi lapangan yang dilaksanakan secara virtual tersebut. Melalui verifikasi nantinya akan diketahui perkembangan dan kemajuan pelaksanaan pengarustamaan gender di segala bidang pembangunan di Kabupaten Banyumas.

Dalam sambutan tersebut disampaikan bahwa Kabupaten Banyumas telah melakukan berbagai kegiatan untuk memberikan kesetaraan gender. Dan menuangkan dalam RPJM serta rencana strategis di berbagai OPD. Program program kesempatan kepada perempuan juga telah dilakukan seperti pemberian jabatan kepada para wanita, tentunya penempatan tersebut sesuai dengan kualifikasi masing masing.

“Mendapatkan anugrah bukanlah tujuan utama, namun jika pengahargaan itu berhasil diraih hal tersebut menandakan apa yang dikerjakan sudah sesuai standar yang telah ditetapkan, dan ini tentunya menjadi penyemangat untuk bekerja lebih baik dalam pengarustamaan gender,” ujar Bupati melaui Sekda.

Sementara itu Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Suyanto mengatakan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) digelar 2 tahun sekali. Tahun 2018 Banyumas mendapatkan Anugrah APE Tingkat Madya.

“Mengingat pandemi tahun 2020 ditiadakan, dan baru dilaksanakan tahun ini Banyumas masuk kategori Verifikasi Penghargaan APE Kategori Utama,” jelas Suyatno.

NKRI POST JATENG(H Sabar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *