Kabar Menggembirakan untuk Seluruh Komunitas se-Indonesia, Bantuan 50 Juta Ini Resmi Dibuka sampai 16 April 2024, Buruan Daftar!

Kabar Menggembirakan untuk Seluruh Komunitas se-Indonesia, Bantuan 50 Juta Ini Resmi Dibuka sampai 16 April 2024, Buruan Daftar!

19 Februari 2024 7 By Tim Redaksi 1

NKRIPOST.COM- Informasi terbaru dari pemerintah untuk masyarakat Indonesia bahwa kini pemerintah memberikan bantuan. Program ini di selenggarakan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud Ristek melalui Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra.

Dengan melampir dari laman resmi Badan Bahasa Kemendikbud Ristek, Rabu (7/2/2024), bantuan ini berupa dukungan kegiatan dalam bentuk uang tunai sebesar Rp50 juta.

Bantuan tersebut di berikan kepada 340 Komunitas Penggerak Literasi untuk mengembangkan literasi baca-tulis di wilayahnya.

PERSYARATAN

1. Warga Negara Indonesia (WNI)

2. Memiliki komitmen dan dedikasi terhadap peningkatan kecakapan literasi baca-tulis di masyarakat, di buktikan dengan dokumen profil Komunitas Penggerak Literasi yang memuat lampiran karya/sertifikat/dokumen lain, termasuk foto, tautan video, atau dokumentasi lain

Baca Juga:

3. Tidak sedang menerima pendanaan pada objek dan peruntukan yang sama pada tahun yang sama dari pihak lain yang dana bantuannya bersumber dari APBN/APBD yang di buktikan dengan Surat Pernyataan bermeterai

4. Tidak berafiliasi dengan dan/atau mendukung organisasi terlarang dan/atau organisasi kemasyarakatan yang di cabut status badan hukumnya

5. Tidak berafiliasi dengan partai politik.

6. Tidak pernah terlibat dalam kegiatan yang mengandung unsur SARA, bertentangan dengan Pancasila, dan peraturan yang berlaku yang di buktikan dengan Surat Pernyataan bermeterai

7. Telah melaksanakan kegiatan di bidang literasi

JADWAL PELAKSANAAN

  • Pengumuman Bantuan Pemerintah: 23 Januari 2024
  • Masa pendaftaran dan unggah berkas: 12 Februari-16 April 2024
  • Batas akhir pengumpulan berkas: 16 April 2024 pukul 23.59 WIB
  • Seleksi administrasi: 16 April-26 Mei 2024
  • Penilaian proposal oleh pakar literasi: 27 Mei-30 Juni 2024
  • Moderasi penilaian: 8-11 Juli 2024

Baca Juga:

  • Validasi: 16 Juli-6 Agustus 2024
  • Pengumuman penetapan penerima bantuan: 9 Agustus 2024
  • Masa lapor diri: 10-12 Agustus 2024
  • Pembekalan penerima bantuan: 18-21 Agustus 2024
  • Pencairan dana bantuan: 26 Agustus 2024
  • Pemanfaatan dana bantuan: 1-30 September 2024
  • Batas akhir unggah laporan hasil kegiatan: 8 Oktober 2024 pukul 23.59 WIB

CARA DAFTAR

Bagi komunitas yang berminat, dapat mendaftar melalui link dapobas.kemdikbud.go.id/banpem.  

Demikian informasi ini kami berikan, Bagi kamu yang menginginkan bantuan pemerintah tersebut sihlahkan mendaftarkan melalui laman yang tertera di atas, semoga bermanfaat.

Arti Komunitas Penggerak Literasi

Komunitas penggerak literasi adalah sebuah kelompok atau jaringan individu yang memiliki minat dan tujuan bersama dalam upaya peningkatan literasi bagi masyarakat.

Di samping hal itu, upaya mengatasi masalah rendahnya tingkat literasi di suatu daerah atau kelompok tertentu berusaha difokuskan oleh komunitas penggerak literasi.

Tujuan dibentuknya komunitas penggerak literasi adalah menciptakan lingkungan yang individu-individunya memiliki akses terhadap sumber daya literasi, seperti artikel, buku-buku, majalah, dan bahan bacaan lainnya.

Komunitas penggerak literasi juga berusaha untuk meningkatkan keterampilan membaca, menulis, dan berpikir kritis di kalangan masyarakat.

Dengan dasar itu, pemerintah perlu membantu para pegiat literasi sebagai bentuk apresiasi atas kegiatan yang telah dilakukan.

Bentuk apreasiasi yang diberikan ini diharapkan bisa menjadi pemantik pemerintah daerah, lembaga, atau masyarakat setempat untuk dapat lebih menghargai pelaku/pegiat literasi.

Baca Juga: