TNI Pos Silawan Ikut Amankan Perayaan Ibadah Rabu Abu

Ibadah Misa Rabu Abu

Nkripost, Atambua – Sejumlah Personil pos Silawan mengamankan Prayaan Rabu Abu Di Gereja sebagaimana dalam Kalender Liturgi bahwa Umat Katholik di seluruh dunia memasuki masa Prapaskah sebelum masuk pada Perayaan Paskah. Rabu (17/02/2021).

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif RK 744/SYB Letkol Inf Alfat Denny Andrian, dalam rilis tertulisnya, di Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT),Kamis (18/02/2021).

Loading...

Di katakannya, ibadah merupakan kewajiban setiap umat beragama untuk mendekatkan diri kepada Tuhan, namun keamanan saat beribadah tidak kalah menjadi faktor pentingnya.

Terpisah Danpos Silawan Letda Inf Felisianus Nainatu mengatakan, Prapaskah adalah masa yang mendahului hari raya Paskah dalam agama Kristen. Masa ini mencakup 40 hari mulai hari Rabu Abu sampai hari Minggu Palma, dengan berbagai liturgi yang diakhiri sampai Kamis Putih, menjelang peringatan 3 peristiwa amat penting yaitu Kematian Yesus Kristus pada hari Jumat Agung, yang dilanjutkan dengan penguburannya dan masa tinggalnya di dalam kubur, serta kebangkitan-Nya dari kematian pada hari Minggu Paskah. Rabu,17 Februari 2021 Gereja Katholik di seluruh dunia melangsungkan Misa Rabu Abu sebagai hari untuk mengingat kefanaan seseorang.

“Pada hari ini umat Katolik berusia 18–59 tahun diwajibkan berpuasa, dengan batasan makan kenyang paling banyak satu kali, dan berpantang. Gereja Katholik Dossantos Silawan merupakan salah satu Gereja Katholik di desa Silawan yang menggelar ibadah Rabu Abu.” tuturnya

“Untuk mengamankan kelangsungan ibadah tersebut personil pos Silawan yang non Katolik saling bahu-membahu mengamankan sekaligus Misa dimulai pukul 08:00 Wita di Gereja Katholik Dossantos Silawan.” tambahnya

Sejumlah personil pos Silawan terlihat di beberapa titik pintu masuk gereja dan ruangan di dalam gereja dengan menggunakan pakaian dinas lengkap. Hal tersebut dilakukan untuk memberikan rasa aman kepada jemaat yang sedang melaksanakan ibadah misa Rabu Abu.

Di tengah pandemi covid 19 personil satgas pos Silawan tidak ada henti-hentinya memberikan peringatan mematuhi protokol kesehatan demi menjaga keluarga, rekan dan memutuskan mata rantai pandemi covid 19

Romo Yoseph Meak PR selesai Misa Rabu abu mengucapkan terima kasih kepada anggota satgas pos Silawan yang telah membantu mengatur jalannya Misa sesuai protokol Covid-19 saat ini.

Nkripost. Agus Temelab

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *