“Spontanitas dan Tangkas” Petugas Polres Jepara Sharing Teknik Dasar Pertahanan Diri ke Petugas Rutan

Petugas Polres Jepara Sharing Teknik Dasar Pertahanan Diri ke Petugas Rutan Jepara

NKRIPOST.COM, JEPARA – Dalam agenda sambangnya ke Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Jepara, seorang petugas Polres Jepara berbagi pengetahuan kepada 2 (dua) orang petugas Pengamanan Pintu Utama (P2U) tentang teknik dasar pertahanan diri. Dengan spontanitas dan tangkas Bapak Usman panggilan akrab Beliau memperkenalkan dan mempraktekkan teknik dasar pertahanan diri yang Beliau terima selama bertugas di Polres Jepara.

Hal ini sangat penting dimiliki oleh seorang petugas Lapas/Rutan, mengingat tugas dan peranan mereka berhubungan langsung dengan tahanan dan narapidana. “Kita tidak pernah tahu jika sewaktu-waktu atau kapan saja dan apa saja bisa terjadi pada diri kita, untuk itu teknik dasar pertahanan diri ini perlu dimiliki oleh seorang petugas Lapas/Rutan,” ucapnya.

Teknik pertahanan diri yang diajarkan adalah teknik bela diri Yong Moo Do, Yong Moo Do merupakan beladiri pertarungan jarak dekat yang menunjukan kemampuan pada pertempuran yang mengacu pada teknik perkelahian, pertahanan dan strategis, baik fisik, mental serta psikologis. Seni beladiri Yong Moo Do ini memerlukan latihan yang rutin dan persiapan waktu yang cukup lama untuk benar-benar bisa menguasai teknik-teknik dasar.

Setiap pelatih atau instruktur Yong Moo Do harus memiliki kemampuan untuk mengatasi segala kemungkinan yang akan terjadi di dalam latihan, karena rawan terjadi cidera fatal.
“Kapan-kapan kita agendakan latihan bersama antara Polres Jepara dengan Rutan Jepara, ucapnya dengan tersenyum”
“Siap Bapak”, saut petugas P2U.

Kunjungan petugas Polres Jepara memang sudah sering dilakukan sebagai bentuk kerjasama dan koordinasi antar instansi. Hal ini merupakan bentuk sinergi seperti pesan yang disampaikan oleh Dirjen Pemasyarakatan Bapak Reynhard Silitonga. Bahwa ada 3 (tiga) kunci Pemasyarakatan Maju yaitu: Deteksi dini, Pemberantasan narkoba, dan Sinergi.

Loading...

Kegiatan ini merupakan bentuk sinergi kepada instansi terkait. Sinergi atau kerjasama sangat penting untuk menciptakan keamanaan dan ketertiban di dalam Rutan.

NkriPost – Purnomo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *