Peringati Hari Pers Nasional Tengah Pandemi Covid-19 Di Jepara

NKRIPOST.COM – JEPARA – Ketua PWI Jepara Budi Santoso, dalam memperingati HPN tahun 2021, mengatakan terasa cukup berat karena berada di tengah pandemi Covid-19. Banyak media yang terpaksa harus tutup, begitu juga dengan para wartawannya. Hal ini disampaikannya dalam sarasehan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2021, Selasa (09/02/2021), di Aula Sultan Hadlirin, Gedung OPD bersama

“Namun saya tetap optimis, Karena karakter pers Indonesia sebagai pers Pejuang. Dan pers akan tetap hidup di tengah masyarakat. Karena bagaimanapun juga pers sebagai salah satu pilar penting dalam berkehidupan masyarakat,” kata Budi. 

Doa bersama, bareng Insan pers di Kabupaten Jepara, ini juga dihadiri Kapolres Jepara AKBP Aris Tri Yunarko, Dandim 0719/Jepara Letkol Arh Letkol Arh Tri Yudhi Herlambang, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jepara Arif Darmawan, dan sejumlah wartawan di Jepara. 

Loading...

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Jepara Haizul Maarif dalam sambutannys meminta kepada masyarakat untuk lebih selektif dalam memilih media. “Saya berharap masyarakat selektif memilih media. Harus memilih yang betul-betul teruji kredibilitasnya,” kata Haizul. 

Di tengah maraknya kabar atau informasi, beredar pula informasi hoaks  (kabar bohong). Ini yang menjadi tugas awak media di Jepara, untuk dapat meluruskan informasi tersebut dengan benar. ‘Saya berharap teman-teman Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), untuk bisa menjaga integritas tersebut,” katanya. 

Masyarakat juga diminta tidak percaya begitu saja dengan adanya informasi tersebut. Namun, juga perlu dilakukan klariikasi atau croscek kebenaran informasi tersebut, melalui media yang kredibel. Bertepatan dengan Hari Pers Nasional (HPN), Haizul berharap peringatan ini akan memberikan spirit baru bagi insan pers untuk berjuang di tengah gelombang besar, khususnya menghadapi pandemi Covid-19. 
Tetap optimis

Kepala Diskominfo Jepara Arif Darmawan, mewakili Bupati Jepara, Mengatakan tetap optimis, dengan banjirnya informasi sekarang ini, masyarakat merindukan sosok pers yang kredibel. Keberadaan media dinilainya, penting dalam dunia demokrasi. 

Apalagi saat pandemi peran media semakin penting. Sebagai sarana untuk penjernih. Sehingga masyarakat punya rujukan media-media yang terverifikasi atau kebenaran berita dari media tersebut dapat dipertanggungjawabkan.

NkriPost – Purnomo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *