Pengganti Kabareskrim Akan Diumumkan Usai Komjen Sigit Dilantik Jadi Kapolri, 4 Jenderal Ini Disebut Calon Kuat

NKRIPOST, JAKARTA – Komjen Listyo Sigit Prabowo akan dilantik sebagai Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis dalam beberapa hari ke depan. Pengganti Komjen Sigit sebagai Kabareskrim Polri akan diumumkan usai Presiden Jokowi melantik Komjen Sigit.

“Pengganti Kabareskrim diumumkan) setelah Kapolri baru dilantik,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono, Jumat (22/1/2021).

Sementara itu, Karo Penmas Brigjen Rusdi Hartono mengatakan penunjukan Kabareskrim akan melalui mekanisme Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti) Polri terlebih dahulu.

Wah, itu sampai saat ini belum (nama calon Kabareskrim). Yang jelas proses pengangkatan ada namanya Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi, itu yang akan memproses itu semua,” kata Rusdi.

Rusdi menjelaskan nantinya Wanjakti akan mendiskusikan nama-nama calon kandidat terbaik Polri yang layak untuk menggantikan Komjen Listyo Sigit Prabowo.

“Ya tentunya nanti dewan itu akan mendiskusikan, merapatkan siapa saja personel terbaik Polri yang akan atau dianggap mampu untuk memangku jabatan tersebut,” jelasnya.

Loading...

Dari informasi yang dihimpun, Sejumlah nama mulai santer disebut sebagai pengganti Komjen Sigit di badan berlambang busur dan panah itu. Baik karena pertimbangan keterwakilan angkatan dan juga karena kompetensinya.

Sejumlah sumber ada beberapa nama yang disebut-sebut. Mulai dari Kapolda Riau Irjen Agung Setya (Akpol 88 B), Kapolda Sulut Irjen Panca Putra (Akpol 1990), Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran (Akpol 1991 atau rekan seangkatan Sigit), dan Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta (Akpol 1992).

Nama-nama di atas memang bukan nama baru di dunia reserse. Agung dikenal sebagai mantan Direktur Ekonomi Khusus Bareskrim yang ahli dalam mengungkap pencucian uang. Ia sempat dipuji oleh Presiden Joko Widodo karena berhasil mengatasi kebakaran hutan di Riau dengan menggabungkan teknologi dan manusia menggunakan aplikasi “Lancang Kuning.”

Loading...

Sedangkan Panca dikenal karena pernah menjadi Direktur Penyidikan KPK. Panca juga tampak mendampingi Sigit dalam fit and proper test di DPR pada Rabu (21/1/2021) kemarin bersama dengan Nico dan sejumlah jenderal lain.

Nico juga dikenal sebagai polisi dengan latar belakang serse. Dia pernah menjabat Direskrimum Polda Metro Jaya sebelum naik bintang satu sebagai Karobinopsnal Bareskrim dan Dirtipidum Bareskrim. Yang terakhir ada nama Fadil yang juga bukan anak kemarin sore di dunia reserse. Fadil pernah menjabat Dirsiber dan Dirtipiter Bareskrim. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *