Khusus Penanganan Karhutla, Kalsel Terapkan Lancang Kuning dan Asap Digital

Sekretaris Daerah Prov Kalsel Roy Rizali Anwar

Nkripost, Banjarmasin – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan bersama TNI-Polri menggelar Rapat Koordinasi dalam menanggulangi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) bertempat di Rupatama Polda Kalsel, Senin (15/3/2021) pagi.

Dalam rapat koordinasi bersama untuk menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang diprediksi akan melanda wilayah Kalimantan Selatan pada bulan Agustus 2021 mendatang Pemerintah provinsi bersama TNI-Polri memperkenalkan Aplikasi “Lancang Kuning dan Asap Digital” yang sudah cukup berhasil di provinsi Riau dan Jambi.

Loading...

Sekretaris daerah Prov Kalsel Roy Rizali Anwar mengatakan pada dasarnya pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan mendukung dengan adanya program ini. “Namun pada dasarnya akan tetap berkoordinasi kepada pihak – pihak dan instansi terkait untuk rencana penanganan Karhutla di Kalimantan Selatan,” ucapnya.
Menurut Sekda Prov Kalsel, Aplikasi yang diperkenalkan ini sangat baik sebab dipasang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi sehingga apabila terjadi kebakaran maka akan lebih mudah diketahui titik lokasi api tersebut,” jelasnya.
Sementara itu, Karo Ops Polda Kalsel Kombes Pol Moch Noor Subchan menyampaikan adanya rapat koordinasi tingkat pertama bersama pemerintah prov Kalsel ini.

“Untuk penanganan Karhutla tersebut dapat mempermudah Satuan Gugus Tugas yang terlibat dalam pemadaman titik api yang akan diprediksi akan memuncak bulan Agustus,” katanya.

Seperti perkiraan Badan Meteorologi/Klimatologi dan Geofisika puncak kemarau diperkirakan pada bulan Agustus mendatang.

Kombes Pol Moch Noor Subchan menegaskan akan ada sanksi tegas kepada masyarakat yang kedapatan secara sengaja melakukan pembakaran hutan dan lahan,” pungkasnya.

REPORTER : YUSI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *