Berpotensi, Kades Oe Uban Ajak Warga Tanam Porang

Tumpang Sari Tanaman Porang

Nkripost, SoE/TTS – Porang merupakan tanaman umbi-umbian dengan nama latin Amorphophallus muelleri. Di beberapa daerah di Jawa, tanaman ini dikenal dengan nama iles-iles.

Porang biasanya dimanfaatkan dengan diolah menjadi tepung yang dipakai untuk bahan baku industri untuk kosmetik, pengental, lem, mie ramen, dan campuran makanan.

Dikutip dari data yang dirilis Kementerian Pertanian, jika dijadikan sebagai tanaman budidaya pertanian, keunggulan porang yakni bisa beradaptasi pada berbagai semua jenis tanah dan ketinggian antara 0 sampai 700 mdpl.

Tanaman ini juga relatif bisa bertahan di tanah kering. Umbinya juga bisa didapatkan dengan mudah, sementara tanamanya hanya memperlukan perawatan yang minim.

Kelebihan lainnya, porang bisa ditanam dengan tumpang sari karena bisa toleran dengan dengan naungan hingga 60 persen.

Bibitnya biasa digunakan dari potongan umbi batang maupun umbi yang telah memiliki titik tumbuh atau umbi katak (bubil) yang ditanam secara langsung.

Loading...

Jonatahan S.Batu Kepala Desa Oe Uban

Selain itu Porang menurut Kades Oe Uban merupakan tanaman berharga yang tak dapat dirusakin oleh binatang apapun, hal inilah yang membuatnya berpikir untuk mengajak seluruh masyarakat untuk menanam porang.
“saya lihat memang ada beberapa masyarakat yang sudah tanam porang dan jumlahnya cukup banyak,dan tidak ada binatang yang merusak, padahal tanaman ini cukup berharga”.jelasnya

Kepada Wartawan Senin 11 Januari 2021, Jonatahan S.Batu Kepala Desa Oe Uban kecamatan Mollo Barat,Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS),mengatakan bahwa, Ia akan mengajak masyarakat untuk menanam porang di tahun yang baru ini.

Loading...

Dalam penjelasannya bahwa memang saat porang sudah banyak ditanam oleh beberapa masyarakat namun, pada tahun ini Ia akan menegaskan seluruh masyarakatnya untuk wajib menanam porang.

Untuk sementara pupuk 2 ton sudah di tanam oleh 2 kelompok tani, setiap kelompok mengelola 1 ton,dan hingga saat ini porang sudah tumbuh dengan kurang ratusan ribu pohon.

Selain menanam porang, Ia juga mengatakan bahwa program Tahun ini juga ada 4 sumur Bor yang akan dikerjakan untuk membantu masyarakat,dan juga membantu para petani untuk bisa menanam tanaman-tanaman lain seperti sayuran dan lain-lain.
“tahun ini ada program lain juga,kami akan membuatkan 4 sumur bor demi membantu masyarakat yang ingin bertani,seperti tanam sayur dan lain-lain.ujarnya

Masih pantauan Nkripost.com, Kades mengatakan bahwa dirinya sudah 2 periode menjalankan tugas di Desa Oe Uban, dan Ia sudah menilai dengan jelas,bahwa masyarakatnya kebanyakan yang bertani tetapi mereka kewalahan air sehingga pada saat musim kemarau para petani sulit untuk menanam.
“saya sudah periode menjalankan tugas di desa oe uban dan saya pantau masyarakat saya kebanyakan yang bertani,tetapi mereka kadang susah air,sehingga solusinya ya saya harus bantu mereka dengan sumur Bor.

Tambahnya bahwa pada Tahun ini pihak desa telah berencana untuk penambahan jalan 1 kilo meter dari arah kali menuju perkampungan.

Nkripost TTS Rhey Natonis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *