Berdayakan Ekonomi Warga, Satgas TMMD Kodim 0319/Mentawai Tanam Pohon Produktif

Nkripost, Medan – Tak pernah berhenti untuk memberikan yang terbaik bagi warga di pelosok desa, Satgas TMMD ke-110 Kodim 0319/Mentawai terus melakukan inovasi dan kreasi di lokasi sasaran fisikdi Desa Bukit Pamewa, Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Mentawai, Provinsi Sumatera Barat.

Kali ini, inovasi yang dihasilkan Satgas TMMD ke-110 Kodim 0319/Mentawai adalah menanam puluhan bibit pohon buah produktif.

“Penanaman pohon buah produktif ini sebagai inovasi Satgas TMMD Kodim 0319/Mentawai di tengah pandemi Covid-19,” jelas Pgs Kapendam I/BB Letkol Inf Robinson Tallupadang dari Media Centre Pendam I/BB di Medan, Selasa (16/3/2021).

Loading...

Tak hanya itu, Letkol Robinson juga merespon positif kegiatan Satgas TMMD Kodim 0319/Mentawai ini sebagai sebuah prospek pemberdayaan masyarakat pedesaan di masa depan.

Dikatakan Letkol Robinson, penanaman bibit pohon buah produktif ini diharapkan menjadi contoh kepada warga desa, dan secara simultan diproyeksikan sebagai motivasi dalam memanfatkan lahan kosong di sekitar untuk memberikan nilai tambah.

Sekitar 50 batang bibit pohon buah produktif, seperti mangga, rambutan, matoa, dan durian yang ditanam di dua lokasi berbeda, yakni di Asrama Kaum Setia Desa Sidimakmur, dan Perkebunan Sipora Jaya Km 8 Dusun Karya Bakti, Desa Sipora Utara, Kecamatan Sipora Utara itu, merupakan hasil kerja sama Satgas TMMD Kodim 0319/Mentawai dengan Dinas Pertanian Pemkab Mentawai.

“Kita mengapresiasi hal ini sebagai langkah dan upaya Satgas TMMD Kodim 0319/Mentawai dalam membantu masyarakat ke depan, terutama untuk meningkatkan perekonomian. Karena hasil panen bibit pohon buah yang ditanam ini sepenuhnya diserahkan kepada warga,” terang Letkol Robinson.

Di samping untuk memberdayakan perekonomian warga desa, penanaman bibit pohon buah produktif ini juga dinilai Letkol Robinson sebagai strategi ketahanan pangan di masa pandemi Covid-19.

Oleh sebab itu, Pamen TNI AD lulusan Akmil 2000 ini sangat berharap, inovasi dan kreativitas ini bisa terus dihasilkan seluruh Satgas TMMD ke-110, tidak saja dari Kodim 0319/Mentawai, tetapi juga dari Kodim 0209/Labuhanbatu, Kodim 0213/Nias, Kodim 0308/Pariaman, Kodim 0313/Kampar, dan Kodim 0318/Natuna.

“Program TMMD ini tidak semata mengejar pembangunan sarana dan prasarana infrastruktur di pedesaan, tetapi juga diharapkan bisa memberikan effort terhadap pembangunan sumber daya manusia Indonesia yang lebih adaptif dan responsif mengikuti perkembangan teknologi dan informasi,” pungkas Robinson.(AVID/r)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *