Youth Move Kembali Demo Kemensos Tuntut Bongkar Mafia Bansos

Nkripost, Jakarta – Sekelompok pemuda dan mahasiswa yang tergabung dalam Youth Move kembali turun aksi demonstrasi di depan Kementerian Sosial RI pada Jumat (11/09) menuntut bongkar mafia bansos dan buka data penerima bansos.

Aksi ini merupakan kali kedua Youth Move di depan Kemensos RI dengan tuntutan yang sama.  Youth Move menilai Kemensos RI adalah kementerian yang harusnya menjadi garda terdepan dalam penanganan dampak pandemi Covid 19, olehnya perlindungan jaminan sosial harusnya dijalankan dengan baik dan benar.

Seperti aksi sebelumnya Youth Move konsisten menyatakan data yang digunakan dalam distribusi bantuan sosial adalah data sejak tahun 2014 sehingga hal ini disebut kelalaian.

“Kebijakan pemerintah pusat mendistribusikan bantuan sosial sebagai bagian dari jaminan sosial memang harus disegerakan, tapi kesiapan data dari Kemensos untuk penerimaan bantuan tidak sesuai dengan kondisi kedaan dilapangan karena tidak menyiapkan data terbaru pasca wabah covid 19” Tutur Ibrahim selaku korlap aksi

“Artinya Kementerian Sosial tidak siap dalam menghadapi kondisi bencana serta lamban dalam melindungi jaminan sosial masyarakat yang terkenan dampak bencana, karena itu tugas utama dari kemensos ialah terus memperbaharui data setiap tahun” tambah Ibrahim

Youth Move dalam releasenya menyatakan situasi semakin diperparah dengan dugaan mafia yang bercokol di dalam Kemensos dimana terdapat penunjukan langsung sudah dilakukan tetapi ketersediaan bantuan malah terlambatdan menyebabkan kenaikan harga serta ketidaktepatan data bansos.

Loading...

Sehingga dalam aksinya Youth Move menyatakan sikap sebagai berikut :

  1. Bongkar mafia bantuan sosial Mensos RI
  2. Kemensos harus membuka data tentang masyarakat yang sudah menerima atau belum bantan sosial dampak pandemi Covid 19
  3. Presiden harus mengevaluasi menteri dan seluruh jajaran Kemensos yang lamban dan terkesan bekerja sama dengan mafia dalam menangani dampak covid 19. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *