Wisata Pantai Idaman Desa Dulukapa Kecamatan Sumalata Timur Gorontalo Utara Makin Keren

Nkripost.com. Gorontalo – Meski namanya pantai idaman, namun obyek wisata di Desa Dulukapa Kecamatan Sumalata Timur Gorontalo Utara ini, belum sepenuhnya menjadi idaman untuk dikunjungi. Berbagai upaya masih dan terus dilakukan khususnya pemerintah desa setempat, terhadap potensi ini.

Pantauan Nkripost.com dukungan terhadap pengembangan destinasi wisata pantai ini, dinilai masih minim, bahkan cenderung tidak ada lagi, terhadap sejumlah fasilitas yang ada di pantai ini. Padahal pantai tersebut memiliki keunikan tersendiri dari pantai-pantai lainnya yang ada di pesisir utara Provinsi Gorontalo.

Cottage atau pendopo sejak lama ada di pantai ini. Bahkan lantainya dibuat dari tegel. Jalan setapak yang telah di cor sepanjang bahu pantai juga tersedia. Di jamin Pasti senang dan indah bagi para pengunjung pantai ini.

Sepanjang pantai juga terdapat pepohonan, sehingga pengunjung bisa merasakan sensasi sejuk angin ketika duduk bersantai dibawahnya. “Ibarat kail, meskipun nilonnya bagus, kailnya bagus, jika tak ada umpan maka akan sia-sia, tidak umpan untuk menarik wisatawan dari belbagai macam daerah.

Setiap tahun mereka selalu mendengar janji terkait pengembangan wisata pantai itu, namun hingga kini tak kunjung ada realisasinya ahkirnya kami punya Inisiatif
dan inovatif tersendiri.

Sementara itu, Kepala Desa Dulukapa, Irwan Moilo mengakui, selama ini kendala yang dihadapi oleh Pemerintah Desa dalam mengembangkan destinasi itu adalah, persoalan tanah. Masyarakat kata Irwan, merasa memiliki bahkan ada tanah yang sudah bersertifikasi.

Loading...

Irwan juga mengaku, itu menjadi pekerjaan rumah baginya mencari solusi. Pendekatan persuasif juga telah dilakukan. Kedepan ketika wisata tersebut telah berkembang, maka hasilnya akan dibagi dengan pemilik lahan.

“BUMDes yang tangani, berapa pendapatan nantinya, pemilik tanah akan kebagian dari penghasilan itu,” jelasnya saat ditemui awak media di tempat kediamanya.

Kendala lainya disebutkan Irwan, sampah yang berasal dari sungai yang menuju langsung ke pantai. Masyarakat belum sadar akan hal itu.

Loading...

Di tahun 2021, jika tidak ada kendala, wisata pantai idaman yang bakal menjadi ikon Desa Dulukapa itu, akan dikembangkan dengan pengadaan lampu.

“Semoga dengan pengadaan lampu itu, bisa menarik orang atau wisatawan untuk masuk ke pantai itu,” ujarnya.

“Jadi wisata pantai Idaman akan menjadi beda namanya, yakni Wisata Lampu Pantai Idaman,” tandasnya. Ahad 15/11/2020.

Pewarta : Vidya.
Editor : Zull

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *