WANDI, KETUM KKDB KALTIM : DORONG PEMERINTAH, DPRD DAN PERUSAHAAN MEMBANGUN BENTIAN

WANDI, KETUM KKDB KALTIM : DORONG PEMERINTAH, DPRD DAN PERUSAHAAN MEMBANGUN BENTIAN

Wandi – Ketua umum KKDB Kalimantan Timur

NKRIPOST, SAMARINDA, – Ketua umum Kerukunan Keluarga Dayak Bentian (KKDB) Kalimantan Timur angkat bicara soal pembangunan yang berkeadilan untuk percepatan infastruktur yang masih terisolir khususnya di daerah Bentian Kutai Barat – Kaltim.

Pasca pelantikan/pengukuhan pengurus Kerukunan Keluarga Dayak Bentian (KKDB) Kalimantan Timur dan KKDB Kutai Barat pada hari Sabtu 11 Januari 2020 berlangsung di Lamin Adat kampung Dilang Puti kecamatan Bentian Besar – Kubar oleh 9 (sembilan) Kepala Adat kampung se – kecamatan Bentian Besar.

Baca juga : Ini kata Lirin Colen Dingit SH Tentang KKDB

: Resmi Lorensius B. S. Sos Jadi Ketua KKDB Kubar

Ketua umum KKDB Kalimantan Timur ” Wandi mengatakan, untuk diketahui bahwa warga Bentian secara umum banyak menjadi orang-orang hebat, terbukti mereka menduduki jabatan penting dan strategis baik di eksekutif, legeslatif, yudikatif ataupun di perusahaan tambang dan sawit. ‘jelas Wandi.

Jadi saya berharap khususnya kepada warga Bentian yang memegang perenanan penting tersebut agar bisa bersuara dan memperjuangkan disetiap lembaga dan institusi mereka masing-masing untuk bicara tentang Bentian, budaya, adat istiadat serta historis Bentian.

Loading...

Ia menambahkan, perlu disampaikan ke publik secara luas bahkan ketingkat internasional sebab Bentian sudah ada sejak ratusan tahun silam dengan beragam budaya dan kreativitas leluhur yang masih ada hingga saat ini, ‘tegas Wandi.

Wawancara eksklusif NKRIPOST bersama ketua umum KKDB Kalimantan Timur, berikut kutipannya :

  • NKRIPOST : Apa harapan anda sebagai ketua KKDB Kaltim khususnya untuk kemajuan Bentian ?…

WANDI : Saya sebagai ketum KKDB kaltim berharap dalam pengurusan yang ada dapat bekerja dengan baik sebagai perwujudan pendampingan dan advokasi, terutama bidang sosial dan pendidikan, warga bentian akan maju bila SDM mumpuni. Yang paling urgen saat ini adalah, sarana penerangan, air bersih, sarana pendidikan dan adanya pembinaan pola pertanian yang lebih intensif.

  • Apa respon anda terhadap perusahaan tambang dan sawit yang masuk dalam wilayah Bentian?…

WANDI : Saya sebagai ketum KKDB Kalimantan Timur sangat merespon positif adanya investasi perusahaan baik dibidang kelapa sawit, tambang dan perusahan kayu. Namun saya berharap norma-norma dan nilai adat istiadat dan lingkungan jangan sampai dirusak atau dieksploitasi secara berlebihan, yang dapat merusak ekosistem yang tidak dapat terbarukan kembali.

  • Apa tanggapan anda terhdp pemilik armada angkutan TBS dan CPO di jalan umum ?…

WANDI : Saya memiliki saran kepada pihak perusahan sawit maupun pihak kontraktor pengangkutan CPO agar lebih memperhatikan keamanan, ketertiban dan safety, hal ini sangat penting agar ketertiban umum tidak dirampas dengan cara sewenang-wenang. Serta perlu adanya pembentukan tim terpadu antar perusahaan, pemerintah dan masyarakat.

  • Apa masukan anda kepada pemerintah Kabupaten Kutai Barat terhadap kondisi jalan dipelosok kampung yang masih terisolir di Bentian?…

WANDI : Dalam menyikapi banyaknya jalan-jalan penghubung antar kampung yang rusak berat sangat memberikan dampak negatif bagi kelangsungan pertumbuhan ekonomi, karena roda perekonomi dan sosial sangat berdampak. Maka harapan kami pemerintah dapat berperan di dalam meloby perusahan yang ada di wilayah kecamatan Bentian agar berperan aktif dalam menuntaskan keterisolasian tersebut.

  • Apa statemen anda untuk pemerintah Kutai Barat tentang hanya ada 6 lamin etnis yang dibangun di Kubar (TBS)?…

WANDI : Harapan kami, supaya pemerintah dapat mengakomodir aspirasi masyarakat kecamatan Bentian agar mendapat Lamin atau rumah adat yang sama di lingkungan Taman Budaya Sendawar (TBS). Karena itu sangat penting sebagai tempat untuk menggali dan menampung karya seni, adat, budaya. Karena kami berharap adanya pembinaan langsung dari pemerintah daerah demi percepatan industri budaya yang terarah.

  • Apa pendapat anda tentang etnis Bentian apakah telah dilupakan di Kutai Barat?…

WANDI : Perlunya membangun komunikasi yang lebih intensif agar atnis Bentian dapat diberikan ruang yang seluas-luasnya dalam berekspresi dan berkarya, sehingga kami juga memiliki hak yg sama dalam memanfaatkan pembinaan dari pemerintah.

  • Apa pendapat anda tentang kecamatan Bentian yang berbatasan langsung dengan provinsi Kalimantan Tengah ?….

WANDI : Kecamatan Bentian Besar Kabupaten Kutai Barat – Kaltim merupakan kecamatan yang sangat teristimewa karena bertetangga dengan Kabupaten Barito Utara, artinya masyarakat Bentian bagian NKRI maka sudah selayaknya mengisi kemerdekaan ini dengan menikmati kemajuan yang sama dengan daerah lain.

Tentu dengan argumen yang kuat, bahwa daerah Bentian memiliki andil yang besar dalam berkontribusi SDA baik Pemerintah Daerah maupun bagi Bangsa dan Negara.

Ia menambahkan, Kabupaten Kutai Barat ini memiliki 16 kecamatan salah satunya adalah kecamatan Bentian Besar, jadi kami sebagai warga Bentian sudah tentu ingin juga mendapat perlakuan yang sama dan berkeadilan sehingga Bentian sejajar dengan kecamatan-kecamatan lainnya, semoga pemerintah Kutai Barat melalui Bupati bapak Fx Yapan dan Perwakilan kami yang ada di DPRD Kubar dapat merespon keinginan kami sebagai warga Bentian, ‘jelas Wandi ketua umum KKDB Kaltim.

NKRIPOST KALTIM – JOHANSYAH

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading...
Open chat
Untuk Informasi Silahkan Hubungi Kami
Untuk Informasi Seputar NKRIpost Bisa Hubungi Kami