Vaksinasi untuk Mencapai Herd Immunity

UNDANG-Undang Nomor 12 Tahun 2020 tentang Penetapan status bencana Non-Alam Covid-19 sebagai bencana Nasional yang telah ditetapkan presiden.

Untuk menanggulangi bencana ini dan mengurangi penyebaran Covid-19 pemerintah menetapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan saat ini diganti dengan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang masih terus berlanjut.

Penanggulangan pandemi ini selain dilakukan dengan pembatasan kegiatan masyarakat, perlu segera dilakukan upaya yang efektif melalui pemberian vaksinasi, diberbagai negara saat ini telah menghasilkan vaksin untuk menghentikan wabah Covid-19 dan beberapa negara sudah sukses dalam program ini karena hampir seluruh warga negara nya sudah melakukan vaksinasi oleh karena itu penduduknya terhindar dari infeksi dan dapat mencegah penularan Covid-19.

Vaksinasi merupakan suatu usaha melawan kuman guna mencegah suatu penyakit untuk masuk ke dalam tubuh, apabila suatu saat terpapar penyakit gejala yang ditimbulkan pun ringan, vaksin bertujuan untuk melindungi diri dari infeksi dan memutuskan penularan rantai penyakit.

Pelaksanaan pemberian vaksinasi dinyatakan langsung oleh bapak presiden RI yaitu Joko Widodo.

Pemberian vaksin ini hanya bisa diberikan oleh tenaga ahli Seperi dokter, perawat dan bidan yang berkompetensi.

Loading...

Adapun lima intruksi yang diberikan oleh bapak presiden yaitu ; Vaksinasi diberikan kepada masyarakat secara gratis tidak dikenakan biaya apapun, Anggaran tahun 2021 difokuskan pada program vaksinasi agar menjadi prioritas seluruh Lembaga, pemerintah daerah, kementrian dan jajaran kabinet, Memprioritaskan ketersediaan vaksin secara gratis dan merelokasi anggaran lain
Yang mendapatkan vaksin pertama kali yaitu presiden yang bertujuan untuk meyakinkan masyarakat bahwa vaksin yang diberikan itu adalah aman digunakan.

Kemudian patuhi dan jalankan disiplin 5M memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, membatasi mobilisasi dan mencuci tangan untuk mempercepat penurunan wabah Covid-19 ini, vaksinasi merupakan urusan wajib yang dilakukan pemerintah sebagai upaya “Public Goods” untuk melindungi dan memperkuat system kesehatan secara menyeluruh, maka di perlukan imunisasi sebesar 70% oleh karena itu dana yang dibutuhkan untuk vaksinasi ditanggung semuanya oleh pemerintah.

Saat ini, program vaksinasi sedang diterapkan untuk masyarakat umum bahkan sekarang dari anak usia 12 tahun sudah bisa di vaksin dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah menetapkan bahwasanya vaksin yang diberikan kepada masyarakat hukumnya suci dan halal.

Loading...

Vaksinasi juga dilakukan untuk menurunkan angka penyebaran Covid-19, karena banyak sekali masyarakat yang keluarganya di renggut nyawa nya karena terpapar Covid-19, agar tidak ada lagi sanak saudara kita yang direnggut nyawa nya oleh Covid-19 maka dari itu ayo lakukan vaksinasi di pelayanan Kesehatan terdekat dan tetap menjaga protokol Kesehatan.

Penulis: Aura Amalia

Jurusan: kesehatan masyarakat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *