NKRIPOST.COM

Berita Seputar NKRI

SELAMAT DATANG DI NKRI POST
TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI KAMI
SAMPAI JUMPA LAGI

UN Dihapus, Bakornas Lapenmi PB HMI: Perlu Peningkatan Kualitas Guru

BAGIKAN :
Ketua Bidang PAO Bakornas Lapenmi PB HMI, Rifal Maulana

JAKARTA, NKRIPOST.COM – Badan Kordinasi Nasional Lembaga Pendidikan Mahasiswa Islam (Bakornas Lapenmi) Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) menanggapi terkait upaya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dalam menghapus Ujian Nasional (UN).

Diketahui, penghapusan UN oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim tahun 2021 mendatang dalam rangka melatih murid bernarasi melalui guru yang memiliki inovasi dan kreasi mengajar yang baik.

Ketua Bidang PAO Bakornas Lapenmi PB HMI, Rifal Maulana mengatakan seharusnya pemerintah memberikan evaluasi peningkatan kualitas guru.

“Jika penghapusan UN diberlakukan dan dititik beratkan pada upaya guru meningkatkan kualitas belajar, maka pemerintah harus melakukan evaluasi dalam peningkatan mengajar guru,” kata Rifal Maulana melalu keterangan persnya, Sabtu (14/12/2019).

Menurut Rifal, setidaknya pasca semester diberlakukan atau pertahun agar memberikan bimbingan teknis sebagai upaya pembaharuan metode dan strategi pengajaran.

“Tujuannya mengimplementasikan bahan ajar yang menarik dan mudah dipahami oleh siswa, siswa pun diharapkan selain memiliki kecerdasan kognitif juga memiliki kecerdasan psikomotorik,” ujarnya.

Loading...

Lebih efektifnya, lanjut Rifal, Presiden Jokowi memberikan tanggung jawab di bidang pendidikan kepada Nadiem Makarim meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Sehingga menteri pendidikan melakukan beberapa kebijakan yang dianggap mampu mewujudkan generasi bangsa yang kreatif inovatif dan kemampuan kognitif dikancah internasional.

Dari beberapa kebijakan menteri pendidikan baik dari perampingan RPP dari sekian halaman menjadi 1 lembar termasuk penghapusan UN, hal itu mampu memberikan efek positif untuk pendidikan di Indonesia.

“Semoga memiliki sistem yang betul-betul merubah wajah pendidikan Indonesia secara esensi dan bukan sekedar wacana saja,” jelasnya.

Penulis: Syukur

Terbitkan Pada: 14 Desember 2019 by NKRI POST

BAGIKAN :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Untuk Informasi Silahkan Hubungi Kami
Untuk Informasi Seputar NKRIpost Bisa Hubungi Kami