Tingkatkan Produktivitas Peternakan, Pemdes Kalamus Kembangkan Ayam Petelur di Saat Pandemik Corona

Nkri Post, Tamiang Layang – Dalam rangka meningkatkan produktivitas usaha peternakan Pemerintah Desa Kalamus Kecamatan Paku Kabupaten Barito Timur memaksimalkan pemanfaatan dana desa untuk mengembangkan peternakan ayam petelur.

“Kami jajaran pemdes bersama masyarakat sepakat untuk memulai mengembangkan peternakan Ayam petelur, dan pada tahap ini peternakan langsung di kelola oleh Pemerintah Desa sebagai salah satu proyek percontohan bagi masyarakat di daerah itu,” kata Kepala Desa Kalamus Kecamatan Paku Kabupaten Barito Timur Kawak di Kalamus, Kamis (25/6/2020).

Loading...

Lebih lanjut Kades Kawak mengatakan melalui Anggaran pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Tahun 2020 memulai mengembangkan peternakan ayam petelur sebanyak 400 ekor dan dikelola langsung oleh pemerintah desa.

Di lansir dari media kalatamanthana(25-06-20) Ditambahkan dia, pengembangan peternakan ayam petelur ini disamping untuk memaksimalkan pemanfaatan dana desa juga dilaksankan untuk mendukung ketahanan pangan dan mewujudkan cita-cita Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas yang akan menjadikan Kabupaten Barito Timur sebagai sentra penghasil telur.

“Jika pengembangan peternakan ayam petelur yang dilakukan oleh pemdes ini berhasil, maka pihaknya akan mendorong masyarakat di daerah itu untuk turut serta mengembangkan peternakan ayam petelur, doakan saja proyek ini berhasil,” ucapnya.

Kades Kawak juga menjelaskan, keberadaan peternakan Ayam petelur ini bukan hanya di untuk kepentingan para aparat Desa,tapi Ayam petelur ini kedepan akan di kelola oleh BUMDes untuk menciptakan lapangan pekerjaan.

“Meskipun peternakan Ayam petelur ini di kelola oleh pemerintah desa buka berarti hasilnya di nikmati oleh aparat desa saja, tetapi kedepan diharapkan pengelolaan ayam petelur ini diserahkan kepada BUMDes, sehingga hasilnya dapat disumbangkan bagi desa serta untuk membuka lapangan usaha dan menampung tenaga kerja dalam upaya menekan angka pengagguran.”Jelas Kades Kawak. (Krismen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *