Tingginya Angka Kematian Akibat Covid 19, Memaksa KOPASKAM Jepara Kerja Keras Tanpa Kenal Waktu

Pemakaman Protokol Covid 19

NKRIPOST.COM, JEPARA – Tim kopaskam yang beranggotakan para relawan dengan koordinator BPBD Jepara, terkadang menjalani proses pemakaman hingga dini hari, karena dalam satu hari bisa memakamkan hingga lima jenazah.

Tim komando pasukan pemakaman atau biasa disingkat kopaskam, merupakan relawan dibawah koordinator BPBD Jepara dengan tugas melakukan pemakaman terhadap jenazah penderita covid 19. Dalam beberapa bulan terakhir, tim kopaskam harus bekerja keras, mengingat kondisi angka kematian akibat covid 19 di jepara mengalami peningkatan.

Mereka bekerja tanpa kenal lelah dan waktu. Bahkan, seringkali pemakaman berlangsung hingga dini hari.

Dalam sehari para relawan menjalani prosesi pemakaman hingga lima kali pemakaman, dengan kondisi tingkat kematian yang tinggi, mereka tetap semangat meski mengaku kewalahan. Di satu sisi tugas ini menjadi bagian panggilan kemanusiaan, di sisi lain mereka menyayangkan rendahnya tingkat kesadaran masyarakat akan protokol kesehatan, sehingga berakibat peningkatan penularan covid 19.

Kepala BPBD jepara, Kusmiyanto menyatakan, dengan meningkatnya angka kematian akibat covid 19 ini, pihaknya harus pandai dalam membagi tugas terhadap relawan yang jumlahnya terbatas.

Kusmiyanto mengakui, menjadi relawan pemakaman memiliki resiko yang tinggi akan penularan covid 19, sehingga mereka harus jaga stamina dengan cukup istirahat dan mengkonsumsi vitamin, serta mengenakan alat pelindung diri yang lengkap sesuai standar kesehatan.

Loading...

NKRIPOST. – Purnomo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *