Kategori
EDITORIAL

Tertipkan Semua Pengurus Di Imigrasi se NTB

NKRIPOST, NTB – Politisi Nasdem Dr.HM. Zulkifli.S.Pd.M.Pd. menyatakan gencarnya petugas Imigrasi Mataram Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat pemohon Paspor adalah langkah terpuji.

Demikian dikatakan Dr.HM. Zulkifli S.Pd.M.Pd saat di temui wartawan disela-sela kesibukan diruang kerjanya Kamis (30/1/2020) di Mataram Nusa Tenggara Barat (NTB).

Berita Terkait: Tidak Ada Calo Berkeliaran Didalam Kantor Imigras

Kantor Imigrasi Mataram Tidak Melayani Calo Pengurusan Paspor

Politisi senior itu menjelaskan selama ini banyak pihak yang meragukan kinerja Imigrasi se NTB karena tidak berani tegas melarang calo alias makelar paspor.

Kini terjawab sudah. Pihak Imigrasi dengan tegas melarang pemohon paspor untuk menggunakan jasa calo dalam rangka pengurusan paspor.

Larangan menggunakan jasa calo tersebut sangat masuk akal lanjut Politisi Nasdem itu.Sebab dalam mengurus paspor harus pemohon paspor sendiri yang diambil sidik jarinya.bukan sidik jari calo.

Demikian pula foto. Harus foto pemohon sendiri yang dipasang pada Paspor. Bukan pas foto calo yang dipasang dipaspor Pemohon.

Pada saat wawancara harus pemohon sendiri yang langsung diwawancara oleh petugas. Bukan calo paspor yang diwawancara petugas.

Demikian pula untuk menjawab pertanyaan petugas pada saat wawancara harus dijawab dengan jujur pula oleh para pemohon paspor itu sendiri. Bukan dijawab oleh calo dan tidak boleh merekayasa dan membohongi petugas.

Jika ditemukan kebongannya dan memberikan keterangan palsu maka yang bersangkutan dapat dituntut sesuai undang undang dan peraturan yang berlaku.

Kepala Kantor Imigrasi Mataram,Nusa Tenggara Barat (NTB) Drs.Syahrifullah

Jika Paspor diurus oleh calo. apakah calo yang harus diwawancara? Apakah calo yang harus menjawab pertanyaan petugas Imigrasi?Apakah calo yang harus diambil sidik jarinya? Apakah calo yang harus difoto untuk ditempel pada paspor pemohon? Jawabannya tidak.

Oleh sebab itu Pemohon harus sadar untuk datang sendiri kekantor Imigrasi. Menghadap sendiri kepada petugas dengan membawa sendiri semua surat surat asli yang diperlukan. Kartu Tanda Penduduk (KTP). Kartu Keluarga (KK) Akta Kelahiran atau ijazah.Akta Nikah.Jika menggunakan jasa calo tentu biaya mahal.

Dengan demikian masyarakat NTB dan kita semua harus dukung Imigrasi se NTB yang bertekat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat pemohon paspor.

Selain itu diharapkan kepada pihak Imigrasi untuk tertipkan semua para pengurus. Jangan seenaknya keluar masuk di kantor tersebut. jaga etika. sopan santun.tutur kata.hargai petugas Imigrasi yang memiliki wewenang untuk menerbitkan paspor atau ditolak.”tutupnya

Sementara itu Kepala Divisi Imigrasi Kemenkumham NTB Wilopo menyatakan pihaknya sangat konsen untuk memberi kan pelayanam terbaik kepada masyarakat yang membutuh kan paspor. Demikian pula jika ada pemohon paspor yang tidak bisa jalan. Pihaknya menyiapkan kursi roda.demi pelayanan kepada masyarakat.” Sebutnya.

Kepala Kantor Imigrasi Mataram Drs Sahrifullah saat ditemui wartawan disela-sela kesibukan diruang kerjanya menyatakan sependapat dengan Kadiv Imigrasi Kemenkumham NTB.bahwa pelayanan kepada masyarakat harus diberikan yang terbaik dan ditingkatkan. Bahkan pada jam istrahat kami gunakan pula waktu tersebut untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat pemohon paspor untuk di foto. Alasannya karena pemohon tempat tinggalnya sangat jauh.” sebut Kakanim yang santun itu.(**)

NKRIPOST NTB – TAQWA

Satu tanggapan untuk “Tertipkan Semua Pengurus Di Imigrasi se NTB”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *