Terbongkar! Ini Penyebab WhatsApp, Facebook dan Instagram Down Selama 8 Jam

WHATSAPP, Facebook dan Instagram pada Senin malam (4/10/2021) down selama delapan jam, yang menyebabkan pengguna di seluruh dunia tidak dapat mengirim pesan atau pun mengunggah foto serta video.

Namun pada Selasa pagi (5/10/2021) WhatsApp, Facebook dan Instagram berangsur pulih.

Penyebab down besar-besaran WhatsApp, Facebook dan Instagram ialah disebabkan oleh perubahan konfigurasi pada router backbone yang mengoordinasikan lalu lintas jaringan antara pusat data.

“Tim teknik kami telah mengetahui bahwa perubahan konfigurasi pada router backbone yang mengoordinasikan lalu lintas jaringan antara pusat data kami menyebabkan masalah yang mengganggu komunikasi ini,” ucap Vice President Infrastructure Facebook Inc Santosh Janardhan dikutip dari laman Facebook, Selasa (5/10).

“Gangguan pada lalu lintas jaringan ini memiliki efek berjenjang pada cara data kami berkomunikasi, sehingga menghentikan layanan kami,” tambahnya.

Santosh menambahkan bahwa penyebab pemadaman ini juga mempengaruhi banyak alat dan sistem internal yang tim Facebook gunakan dalam operasi sehari-hari, hal ini membuat perusahaan sulit menyelesaikan masalah dengan cepat.

Loading...

Dia juga menegaskan akar penyebab pemadaman tersebut ialah perubahan konfigurasi yang salah.

Ini bukan kali pertama layanan Facebook, WhatsApp dan Instagram tidak dapat diakses, pada tahun 2019 hal serupa juga pernah terjadi bahkan tidak dapat diakses lebih dari 24 jam.

(NKRIPOST/Indozone).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *