Syahrini Kadir Aini S,pd: Saatnya Mewujudkan Sistem Identitas Tunggal yang Ditopang Dengan Data dan Informasi Administrasi Kependudukan yang Terintegrasi.

BAGIKAN :

Gorontalo, NKRIPOST – Kartu Tanda Penduduk (KTP)merupakan sebuah identitas yang sangat di butuhkan dan harus dimiliki oleh semua warga negara Indonesia. saat ini Indonesia sudah menggunakan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP).

Salah seorang Aperatur Sipil Negara (ASN) pengelola SIAK Dukcapil Kabupaten Pohuwato Syahrini Kadir Aini, S.pd menjelaskan pelayanan pengurusan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) sangat mudah. Selain itu adanya peraturan yang membatasi waktu penyelesaian dalam pengurusannya tersebut

” syahrini mengatakan pula warga masyarakat Kabupaten Pohuwato tak perlu menungu lama, mudah penyelesaian e-KTP tak perlu menunggu berapa hari,” tentang pelayanan administrasi kependudukan Catatan Sipil Kabupaten Pohuwato, Sabtu (10/08/2019) dilansir CorpsNews

Ia juga mengatakan penerapkan dalam pelayanan KTP-e, terutama untuk wilayah yang akses ke pemerintahan sangat jauh dan sulit karena kendala geografis.

Kata Syahrini proses administrasi kependudukan di Kabupaten Pohuwato adalah hal yang penting karena sangat bersentuhan langsung dengan warga masyarakat tersebut.

“Bagi warga masyarakat kepemilikan KTP dan KK sangat dibutuhkan karena untuk mengakses setiap layanan publik, seperti pemasangan sambungan listrik, pembukaan rekening bank, catatan sipil, mengurus paspor dan yang lainnya,” katanya”

Kemudian syahrini meminta para pemangku kepentingan terkait segera mewujudkan sistem identitas tunggal yang ditopang dengan data dan informasi administrasi kependudukan yang terintegrasi.

Kemudian Sebagai informasi, ketika seseorang baru pertama kali melakukan perekaman data e-KTP, maka hasil perekaman tersebut akan langsung dikirim ke pusat data di Kemendagri secara daring. Hal ini dilakukan pengecekan apakah sebelumnya yang bersangkutan sudah pernah melakukan perekaman atau belum. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya data ganda.

Lebih lanjut, menurut Ummy Syahrini, jika ada kendala dengan mesin cetak. Ia mengatakan, alat cetak e-KTP Inshya allah bisa dioperasikan. Dan pelayanannya sangat Prima.

Data-data tersebut, kata Syahrini,
akan dihimpun dari seluruh kantor-kantor desa yang ada diKabupaten Pohuwato. Hal inilah yang kerap menimbulkan antrean dalam proses pengujian ketunggalan data.

Lebih lanjut, pelayanan pembuatan
e-KTP hanya memakan waktu beberapa jam yang sudah didengungkan. sistem pemeriksaan ketunggalan data sangat mudah. Dan terkadang orang berpikir ‘katanya satu jam!,’ tapi sistem dari kita-nya dia enggak tahu, tapi kami sih enggak bisa nyalahin. “Kata syahrini”

Padahal, menurut Dia, selama ini proses uji ketunggalan data tidak bisa ditebak waktunya. Paling cepat bisa memakan waktu yag tak lama.

“Sistemnya mudah-mudahan cepat dan lancar. Ia nggak mau tambah kerjaan juga sebenarnya. Datang, langsung cetak. Jadi kan enak,” tutup syahrini.
Sabtu 10/08/2019″

Editor: Zulkarnain
COPYRIGHT@2019CorpsNews.com
Jakarta – Gorontalo.

Publikasi : 10 Agustus 2019 by admin

BAGIKAN :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Untuk Informasi Silahkan Hubungi Kami
Untuk Informasi Seputar NKRIpost Bisa Hubungi Kami