Supaya Adil, Babinsa di TTS Atur Jadwal Pengambilan Air

BAGIKAN :
Babinsa Amanuban Timur Yehuda Nubatonis saat mengatur pembagian air di Desa Bila/ foto Erik

NTT — Musim kemarau berkepanjangan berdampak sebagian besar besar wilayah Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS). Hampir semua mata air mengalami kekeringan termasuk di Desa Billa Kecamatan Amanuban Timur.

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Babinsa wilayah setempat turun tangan dan mengatur jadwal pengambilan agar semua masyarakat bisa mendapatkan air dari bak penampung yang ada.

Masyarakat yang berkultur keberagaman keyakinan tersebut mengeluhkan air bersih karena sumber air satu – satunya di desa itu mengalami kekeringan.

Demikian dikemukakan Babinsa Sertu Yehuda Nubatonis usai pengecekan dan pembersihan sumber air bersih di desa tersebut, Selasa (1/10/2019).

” Setiap hari warga Desa Bila tidak sepi untuk mengantri air di bak penampung hingga malam hari , mereka rata – rata membawa jerigen bekas minyak untuk mengisi air. Saya kasihan juga lihatnya tapi harus bagaimana,” ujarnya.

Menurut Yehuda satu – satunya sumber air di desa itu sangat kecil, debitnya terus menurun sehingga masyarakat harus antrian.

” Supaya adil saya selaku Babinsa harus terjun langsung membantu mengatur pembagian air agar terjadi pemerataan sehingga semua masyarakat dapat merasakan air tersebut,”ungkap Yehuda.

Putera asli kelahiran Amanuban Timur ini mengajak masyarakat untuk menghemat air mengingat sulitnya air bersih saat ini. Selain itu perlunya menjaga aliran air perpipaan yang ada dari kotoran daun – daunan yang nantinya bakal menyumbat pipa dan mengakibatkan kemacetan seperti yang terjadi baru – baru ini.

Semoga saja dalam waktu dekat akan terjadi hujan sehingga keluhan masyarakat dapat teratasi dengan baik. Selain itu juga ia berharap pemerintah daerah dapat membantu pengiriman air ke wilayah binaannya sehingga dapat meringankan beban hidup masyarakat.(terasntt)

Publikasi : 2 Oktober 2019 by admin

BAGIKAN :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Untuk Informasi Silahkan Hubungi Kami
Untuk Informasi Seputar NKRIpost Bisa Hubungi Kami