Suasana Kunjungan Paket SN- KT di Desa Oanmane Menyenangkan

Nkripost, Malaka- Pasangan calon (paslon) Bupati, Dr. Simon Nahak, SH, MH-Louise Lucky Taolin, S. Sos dengan tagline Paket SN-KT terus berkunjung dan menjangkau rumpun keluarga dan sanak saudara di rumah-rumah suku adat di wilayah Kabupaten Malaka.

Kehadiran bakal calon (balon) Bupati, Simon Nahak di tengah keluarga beberapa rumah suku di Desa Oanmane Kecamatan Malaka Barat menjadi kisah perjalanan yang unik dan menarik.

Dari beberapa rumah suku di Desa Oanmane, Paket SN-KT merencanakan akan bertolak menuju Tafatik (istana raja) Busabelo. Suatu awal kisah perjalanan menjangkau rumpun keluarga dan tetua adat yang menyenangkan.

Senyum dan tegur sapa terucap ketika balon Bupati, Simon Nahak hadir di tengah keluarga di Desa Oanmane. Suasana perjumpaan keluarga berlangsung penuh keakraban dan kekeluargaan. Canda tawa dan senyum sapa menghiasi suasana saat pertemuan berlangsung.

Rasa kedekatan dan saling memiliki terpaut dalam nurani adab dan satu semangat untuk mendukung Paket SN-KT di Pilkada Malaka yang berujung pada komitmen satu suara demi kemenangan Paket SN-KT.

“Satu suara penting untuk kemenangan Paket SN-KT. Tidak boleh pilih yang lain. Pilih pemimpin berbudaya, SN-KT karena punya kemampuan dalam membangun dan menjaga tradisi adat-istiadat,” kata Pemangku adat Tafatik Kaberan Rai, Paulo Roberto Taruk yang menyempatkan diri dalam kunjungan keluarga balon Bupati, Simon Nahak di Desa Oanmane, Senin (14/9/20).

Loading...

Ama Nai Kaberan mengatakan adat-istiadat dan budaya sebagai nilai dan warisan perlu dijunjung dan dilestarikan agar tidak punah. Ketika nilai adat, budaya dan sejarah tidak dijunjung maka pembangunan semodel apapun tidak memiliki landasan dan nilai yang berarti.

Dikatakan, nilai dan norma adat serta warisan tradisi yang hidup perlu dipertahankan dengan memilih pemimpin yang tepat. Pemimpin yang mempunyai kemampuan dan karakter berbudaya.

“Dan itu ada pada Paket SN-KT,” kata Ama Nai Kaberan Rai dalam sekapur sirih dalam jumpa keluarga tersebut.

Loading...

Selanjutnya, alasan memilih Paket SN-KT sebagai pemimpin Malaka ke depan karena ingin menjaga nilai adat dan budaya sebagai harga diri dan martabat masyarakat beradab dan berbudaya.

Pada kesempatan yang sama, Balon Bupati, Simon Nahak mengatakan lembaga adat memiliki peran penting dalam pembangunan.

“Jadi, jangan manfaatkan para tokoh adat di saat-saat seperti ini. Beri juga ruang kepada tokoh adat dan strukturnya untuk terlibat dalam pembangunan. Dan kami jika terpilih, Paket SN-KT memberi honor kepada tokoh adat dan struktur adatnya,” kata Simon.

Alasannya, kata Simon, adat, agama dan pemerintah ibarat tiga batu tungku yang menyangga keberhasilan pembangunan Kabupaten Malaka. Salah satu tungku tidak boleh diabaikan dalam pembangunan.

Bicara soal pembangunan, Simon Nahak menyampaikan grand desain pembangunan Kabupaten Malaka kepemimpinan Paket SN-KT dalam panduan Program SAKTI.

Paket SN-KT disimpati dan mendapat dukungan meluas karena grand desain Program SAKTI yakni cukup makan, cukup pendidikan dan cukup sehat. Berkaitan dengan cukup makan, program pertanian yang digalakan harus ditunjang dengan ketersediaan air untuk pengairan yang memadai.

Cukup pendidikan, lanjut Simon diwujudkan dengan beasiswa kepada pendidikan khususnya anak-anak petani. Beasiswa diberikan kepada anak petani untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang strata satu sesuai kebutuhan daerah.

“Sehingga, setelah pendidikan langsung bisa bekerja di instansi pemerintah. Artinya, sesuai kebutuhan daerah,” tambah Simon.

Loading...

Sedangkan, Cukup Sehat, Pasangan SN-KT dapat menjamin pelayanan kesehatan gratis dengan berpandu pada aturan nasional, wajib memiliki kartu JKN-KIS. Soal program Cukup Sehat, SN-KT lebih pada upaya-upaya pencegahan ketimbang pengobatan.

Karena bicara perihal kesehatan, pencegahan lebih baik dari pengobatan. Dengan demikian, anggaran pembangunan di bidang kesehatan difokuskan pada pencegahan ketimbang menyediakan anggaran lebih banyak untuk membeli obat.

Selanjutnya, mutu kesehatan masyarakat dicapai dengan membentuk pola hidup bersih dan sehat. Dan itu dimulai dengan membangun kesadaran untuk hidup sehat dalam rangka pencegahan sebagaimana ungkapan pencegahan lebih penting dari mengobati. (tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *