Suara Lantang Anggota DPR Ini Bikin Kaget, Pemerintah Jokowi Wajib Baca

Suara Lantang Anggota DPR Ini Bikin Kaget, Pemerintah Jokowi Wajib Baca

15 Juli 2021 0 By Tim Redaksi

ANGGOTA Komisi IX DPR Anas Thahir mengatakan apabila pemerintah memperpanjang aturan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM darurat di Jawa dan Bali maka pelaksanaannya harus diperketat.

“Jika dalam dua sampai tiga hari ke depan Covid-19 masih terus bertambah, maka PPKM darurat harus diperpanjang dengan melakukan evaluasi dan perbaikan pelaksanaan secara lebih ketat,” ujar Anas Thahir dalam keterangannya, Rabu (14/7/2021).

Dia menambahkan salah satu catatan PPKM darurat yang dianggap masih kurang efektif yakni masih banyak nonesensial atau nonkritikal beroperasi seperti biasa.

“Apabila masih ada perusahaan-perusahaan nonesensial/kritikal tidak taat aturan harus ditertibkan sesuai undang-undang yang berlaku,” tegas Anas.

Pemerintah juga bisa mempertimbangkan kebijakan yang lebih ekstrem dengan opsi pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) sesuai Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan dan Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020 secara ketat dan serentak di Pulau Jawa dan daerah lain.

Loading...

Sementara itu, anggota Komisi IX DPR RI Nurhadi turut sepakat agar pemerintah memperpanjang PPKM darurat demi menekan laju penularan virus Covid-19.

“Kami mendukung apa pun kebijakan pemerintah dengan catatan harus dilakukan kajian mendalam terlebih dahulu, termasuk aspek yang akan timbul atas kebijakan ini. Kami mengawasi kebijakan tersebut,” tutur Nurhadi.

(NKRIPOST/Antara/jpnn)