Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan, Oleh PWNU NTT Kerjasama Dengan Universitas Muhammadiyah Kupang

BAGIKAN :

NKRIPOST, NTT/KUPANG – Sosialisasi Program Penguatan, Penerapan Dan Monitoring Empat Pilar Kebangsaan (PPPMPK) dengan Tema “Dari NTT Untuk Indonesia”. Kerjasama LAKPESDAM PWNU NTT, Universitas Muhammadiyah Kupang dan DPD-MPRRI.

Sosialisasi dilaksanakan di Aula Kampus Universitas Muhammadiyah Kupang Senin, 16/03/2020. Yang hadir pada kesempatan ini Mahasiswa dan Siswa-siswi SMA.

Dalam Samutan Ibu Sri Chatun,  S.S., M. Si. Menyampaikan bahwa, “kegiatan ini adalah kerjasama antara NU dan
Universitas Muhammadiyah Kupang dan DPD. Yang ditanganinlangsung oleh PWNU NTT, Lemaba kajian dan riset bekerja sama dengan DPD RI untuk Sosialisasi mengenai Empat Pilar Kebangsaan”.

Kegiatan ini yang hadir itu antara Mahasiswa dan Siswa SMA berbicara soal riset, tentunya kami akan memberikan Kuesioner para peserta untuk mengisi dan sesudah sosialisasi juga akan memberikan kuesioner untuk mengisi juga, soal pemahaman Mahasiswa dan Siswa mengenai Empat Pilar Kebangsaan ini.

“Karena kita tahu bahwa Radikalisme, Terorisme  begitu masif di bumi Nusantara  ini dan khusus NTT, karena saya Akademisi tentu tahu bahwa di Undana juga terindikasi bahwa ada Radikalisme, ada berapa mahasiswa yang terindikasi, oleh karena itu setelah sosialisasi ada pengisian kuesioner dari mahasiswa dan siswa”. Agar kita mengetahui bersama bahwa pengetahuan sudah sejauh ini. Jelas Sri.

Lanjutnya, kedepan juga kami akan melakukan FGD untuk bisa menghilangkan paham-paham radikalisme atau menghilangkan pemikiran-pemikiran atau sikap-sikap terpendensi di nusantara kita ini. Target kami kedepan untuk melakukan FGD peserta yang hadir bisa mencapai 250 yang hadir nanti dari SMA/SMK baik Negeri maupun Swasta Se- Kota Kupang dan Perguruan Tinggi Se-Kota Kupang.

Wakil Ketua PWNU NTT H. Ali Rosidi dalam sambutanya, ia mendorong generasi muda saat ini dan yang akan datang demi Kemajuan NTT. Sekaligus membuka kegiatan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan. Ini demi membangun cita-cita bangsa dan ideologi negara.

PWNU NTT berusaha untuk  mehujudkan cita-cita reformasi dan nilai-nilai luhur didalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara secara konsikuen terhadap negara dan berbagai persoalan. Maka dari itu pengurus PWNU NTT mempunyai cabang di 22 Kabupaten Kota dan membuka sayap di seluruh Nusa Tenggara Timur.

Sosialisasi, Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhineka Tunggal Ika Anggota DPD/MPR RI oleh Ir. Abraham Paul Liyanto.

Dalam Materi Sosialisasi Empat Pilar MPR RI (2015) dijelaskan tentang pengertian empat pilar dan isinya.

Empat pilar kebangsaan adalah tiang penyangga yang kokoh dan Kuat  agar rakyat Indonesia merasa nyaman, aman, tenteram dan sejahtera serta terhindar dari berbagai macam gangguan terorisme  dan paham-paham radikalisme.

Pilar adalah tiang penyangga suatu bangunan agar bisa berdiri secara kokoh. Bila tiang rapuh maka bangunan akan mudah roboh.

Empat pilar disebut juga fondasi atau dasar yang menentukan kokohnya bangunan dan semangan Kebangsaan.

Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara adalah kumpulan nilai-nilai luhur yang harus dipahami seluruh masyarakat Indonesia di Negara ini.

Dan menjadi panduan dalam kehidupan ketatanegaraan untuk mewujudkan bangsa dan negara yang adil, makmur, sejahtera dan bermartabat di muka umum. Tutup Paul Liyanto.(**)

NKRIPOST – Y TAMONOB

Publikasi : 16 Maret 2020 by admin

BAGIKAN :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Untuk Informasi Silahkan Hubungi Kami
Untuk Informasi Seputar NKRIpost Bisa Hubungi Kami