Songsong Pilkada di Bumi Ita Wotu Nusa, Pemda SBT Gelar Cofe Morning

Nkripost, Maluku – Membahas Kesiapan Pemerintah Daerah dalam Rangka Pelaksanaan Pemilukada Tahun 2020 di tengah Wabah Covid-19 Serta Berbagai perkembangan dan Pelayanan Kemasyarakatan di Wilayah Kab. SBT. Pemerintah Daerah SBT, Gelar Cofe Morning.
Bula, Pjs Bupati Seram Bagian Timur { SBT},Hadi Suleman gelar cafe morning dan duduk bacarita bersama TNI / POLRI, KPU, BAWASLU, serta Forkopimda dan jajarannya dalam kesiapan pengaman Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Seram Bagian Timur { SBT) tanggal 9 Desember 2020 mendatang.

Giat Duduk Bacarita,dan saling kerja Sama baik dari Bupati,TNI Polri,Kejaksaan,KPU Bawaslu serta Forkopimda Di Lingkup SBT. Untuk menjaga Ketertiban dalam Menyongsong Pemilihan Kepala Daerah di Bumi Ita Wotu Nusa, agar berjalan dengan aman, lancar dan tidak menciptakan klaster baru penyebaran Pandemi Covid-19. Rabu {28/10/2020.

“Untuk diketahui dengan adanya Giat Duduk Bacarita. Ini juga di Hadiri oleh beberapa Instansi di SBT diantaranya:

Pjs Bupati Seram Bagian Timur,Hadi Suleman,Kapolres SBT,AKBP Andre Sukendar,S.I.K.Kajari SBT.M.Ilham.SH.MH.Ketua Pengadilan Tinggi Agama Dataran Hunimua,Marwan Wahidin,SH.I.Perwira Penghubung Kodim Persiapan Bula,Mayor Inf Usman.Perwakilan Danramil 1504-09 Bula.Kepala BPBD SBT,Usman Keliobas.Sekertaris Kasbampol, Abdul H.Rumeon.Kordiv Hukum KPU SBT.Hidayat Kelilauw, Kordiv Hukum Bawaslu SBT Rosna Sehwaky, Kordiv Bid Pengawasan Bawaslu SBT,Syafiudin Rumbory.

Hadi Suleman menyampaikan, Pemerintah Daerah sangat berterimakasih kepada pihak penyelenggara dan pihak-pihak terkait sehingga tahapan pemilihan kepala daerah sampai saat ini berjalan lancar. Tambahnya kemudian, bahwa tugas-tugas yang telah dibagi habis baik dalam pelaksanaan Pilkada maupun penegakan Protokol kesehatan ini sudah di antisipasi terutama dari Prokopimda TNI-POLRI dan kami juga akan tetap bersinegri untuk galang komunikasi, kordinasi dan sinegritas untuk kelancaran dan kualitas pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Seram Bagian Timur.

Terkait keterlibatan ASN ( Aparatur Sipil Negara ) yang terlibat secara langsung dalam Politik praktis, Akan diberikan sanksi tegas sesuai bentuk dan jenis pelanggaran yang ditemukan baik itu oleh Bawaslu dan Sentra Gakumdu. ”. Tegasnya.

Loading...

Selain itu, Kapolres SBT, Andre Sukendar. Menjelaskan kondisi Kamtibmas dalam tahapan Kampanye ini secara Umum relatif Kondusif dalam artian, seluruh tahapan tidak menimbulkan permasalahan ataupun Konflik dan masalah lainnya baik di Dapil I, Dapil II dan Dapil III. Berhubungan dengan Tahapan Pilkada sesuai dengan Perkap KPU 13 tahun 2020 tahapan-tahapan Pilkada tidak terlepas dari prosedur ataupun Protokol Kesehatan.
Masih kita temukan di lapangan bahwa, jumlah masyarakat yang hadir dalam pelaksanaan Kampanye sering kali melebihi kapasitas yang sudah ditentukan terkait pelibatan pendukung di dalam tenda maupun ruangan. Belum lagi, kurangnya kepedulian terhadap penerapan protokoler kesehatan. Namun demikian, TNI / POLRI telah siap dan sigap dalam pengamanan serta akan selalu berkoordinasi dengan semua Stekholder dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah di Kab.SBT. Imbuhnya.

Meski tehapan pemilihan kepala daerah terlihat aman. Namun, pihak Bawaslu Kab. SBT saat ini sudah menerima laporan dan sedang melakukan proses pengusutan terhadap beberapa pelanggan yang melibatkan ASN di beberapa kecamatan di Kabupaten bertajuk Ita Wotu Nusa itu.

Kordiv Hukum Bawaslu SBT Rosna Sehwaky menyampaikan bahwa,terkait dengan dugaan pelangaran yang kami dapatkan sekitar 7-8 temuan keterlibatan ASN dalam Politik Praktis dalam proses pemelihan Kepala Daerah Kab SBT.Yang ada di beberapa Kecematan yakni Kecematan Werenama,Pulau Gorom,Tutuk Tolo,Bula Barat,Bula,Wakate,Gorom Timur.Itu terindentifikasi dari panwascam dilapangan.Tandas Sehwaky.

Loading...

Lagi – lagi dalam progresnya, tentu tidak semudah membalik telapak tangan seperti yang dibayangkan oleh masyarakat. Jika ada temuan pelanggaran baik secara langsung atau melalui laporan dari masyarakat, akan kami identifikasi. kemudian, kami melihat unsur keterpenuhan ada ada atau tidak ada. Jika ada, kami akan proses. Salah satu diantaranya adalah, kasus pelanggaran keterlibatan ASN di Kec. Werinama yang sudah kami register hari ini. Tim penelusuran sudah di bentuk dan tetap akan berkoordinasi dengan Sentra Gakumdu maupun Komisi ASN untuk proses penanganan pelanggan – pelanggaran pada Pentahapan Pemilukada. Sambungannya.

Dalam diskusi tersebut, Koordiv Hukum KPUD SBT, Hidayat Kelilaluw menambahkan. Sesuai tahapan pelaksanaan mulai dari awal pemilihan Bupati dan wakil Bupati Kabupaten Seram Bagian Timur sesuai dengan PerKPU 5 tentang program dan jadwal bahwa, sampai saat ini terlaksana dengan baik. Beberapa tahapan yang sangat urgen dan penting mungkin ada yang di saksikan langsung oleh Forkopimda ataupun tidak di saksikan langsung sudah kita lewati tanpa kendala.
Kemarin , kami sudah menyerahkan langsung alat peraga kampanye oleh pasangan Calon yang di hadiri juga oleh Ketua Bawaslu Kabupaten seram Bagian Timur. Sehingga sampai saat ini, kami atas nama Lembaga KPU tidak mendapatkan kendala dan kami akan menyampaikan kepada Forkopimda, agar kedapan kita bersama-sama membijaki sebagai langkah antisipasi untuk mengsukseskan Pilkada di Kabupaten Seram Bagian Timur ini.

Menjelang akhir diskusi, Pjs Bupati SBT menambahkan. Kegiatan seperti ini merupakan kegiatan positif agar segala kendala dalam tahapan pemilihan kepala daerah dapat dikordinasikan dan dibahas bersama. Pelaksanaan Pilkada merupakan tanggung jawab Pemerintah daerah, TNI / POLRI, KPU SBT, BAWASLU dan Semua pihak terkait. Terutama mengatasi penyebaran wabah Covid-19 dalam pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *