NKRIPOST.COM

Berita Seputar NKRI

SELAMAT DATANG DI NKRI POST
TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI KAMI
SAMPAI JUMPA LAGI

Soal Dana BUMDes, IPMAH Kanreapia Sisa Menunggu Hasil Audit Inspektorat

BAGIKAN :
Ketua Umum IPMAH Kanreapia, Nawir (Foto: Ist)

GOWA, NKRIPOST.COM – Polemik yang terjadi di Desa Kanreapia, Kecamatan Tombolo Pao, Kabupaten Gowa terkait dana Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), yang sementara ini bergulir di Inspektorat.

Pihak inspektorat telah melakukan pemanggilan dan pemeriksaan berkas pengurus BUMDes baik pengurus sekarang maupun pengurus sebelumnya.

Sekedar diketahui, pengurus BUMDes Kanreapia sebelumnya adalah Jamaluddin diminta oleh Inspektorat untuk melengkapi seluruh nota sebagai bahan referensi pihak Inspektorat.

Terkait hal tersebut, Ketua Umum Ikatan Pemuda dan Mahasiswa (IPMAH) Kanreapia, Nawir menegaskan bahwa kasus ini akan dia kawal sampai selesai.

“Kami intens berkomunikasi dengan pihak inspektorat terkait kasus dana BUMDes ini, kami tegaskan untuk mengawal kasus ini hingga selesai,” ucap Nawir melalui keterangan persnya, Senin (09/12/2019).

Menurut Nawir, selain mengurus BUMDes, ketua BUMDes sebelumnya juga diduga memiliki LSM yang bergerak di bidang pertanian.

Loading...

“Kami minta Inspektorat untuk mempelajari betul kasus ini, bukan hanya memeriksa mantan ketua BUMDes tapi juga pengurus lainnya seperti sekretaris dan bendaharanya,” pungkasnya.

Selain melakukan audit keuangan, inspektorat juga perlu melakukan audit terhadap aset BUMDes Kanreapia. Apakah betul aset BUMDes atau aset pribadi yang diklaim milik BUMDes.

Hal ini perlu ditelisik oleh inspektorat mengenai integrasi antara BUMDes dan LSM yang dimiliki oleh ketua BUMDes sebelumnya.

“Kita perlu mengetahui tahun pengadaan aset seperti pupuk organik dan lain-lainnya kemudian dihubungkan dengan penganggaran dana BUMDes,” lanjut Betok sapaan akrab Nawir.

Hasil audit Inspektorat tersebut rencananya akan dikawal oleh Ikatan Pemuda dan Mahasiswa (IPMAH) Kanreapia ke jalur hukum hingga tuntas.

“Kami berharap banyak pada Inspektorat untuk menyelesaikan kasus ini secara transparan dan objektif. Temuan inspektorat akan kami lanjutkan ke jalur hukum, dan itu sudah kami koordinasikan,” tambahnya.

“Kami punya misi memberantas korupsi dari Desa dan mengembalikan substansi BUMDes menjadi salah instrumen untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa,” tutup Betok.

Terbitkan Pada: 9 Desember 2019 by NKRI POST

BAGIKAN :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Untuk Informasi Silahkan Hubungi Kami
Untuk Informasi Seputar NKRIpost Bisa Hubungi Kami