SN-KT Serius Akan Perhatikan Gaji Fukun Bila Terpilih, Sudah Di Siapkan Regulasinya

Cawabup Malaka Nomor 1 Simon Nahak

Nkripost, Malaka – Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Malaka nomor urut 1 (satu), Dr. Simon Nahak dan Kim Taolin atau SN-KT setiap hari bersafari ke desa-desa melakukan kampanye.

Untuk kesekian kalinya Paslon SN-KT mengunjungi wilayah Kecamatan Rinhat tepatnya di tiga desa yakni, Lotas, Naet dan Wekmidar. Kehadiran paslon ini untuk bertemu muka dengan pendukung dan simpatisan guna menyampaikan visi-misi jika dipercayakan warga memimpin Malaka 5 tahun kedepan.

Apabila dipercayakan maka untuk pendekatan pelayanan maka Kecamatan Rinhat perlu dimekarkan dengan nama Kecamatan Loro Alala dan ibu kotanya di Wekmurak.

Hal ini disampaikan Calon Bupati Malaka, Simon Nahak dalam kampanyenya di Rinhat, Senin (23/11).

Menurut Simon Nahak, atas nama SN-KT dirinya sangat terharu dengan penerimaan yang dilakukan warga di Rinhat. Dirinya tidak mau banyak bicara karena nanti dianggap cuma banyak mimpi.

Namun, katanya, sebagai calon pemimpin Malaka, dirinya perlu memberikan pencerahan kepada warga sebagaimana sudah tertuang secara lengkap dalam kemasan visi-misi.

Loading...

Dalam hal tata pemerintahan di tingkat kecamatan, lanjut SN, setelah mendengar aspirasi dan melihat realitas lapangan maka Kecamatan Rinhat sudah waktunya untuk dimekarkan.

“Apabila SN-KT dipercayakan warga Malaka memimpin lima tahun kedepan maka pemekaran Rinhat pasti dimekarkan. Nanti kecamatan pemekaran diberi nama Kecamatab Loro Alala dengan Ibu kota di Wekmurak. Juga ikutannya pemekaran desa-desa. Ini terwujud tergantung dari dukungan warga di Rinhat untuk memenangkan SN-KT,” ujar SN disambut warga dengan SN-KT menang.

Simon Nahak kemudian membentangkan Visi- misi untuk membangun Rai Malaka lima tahun kedepan. Dirinya menyatakan soal Visi SN-KT adalah terwujudnya Kabupaten Malaka yang berbudaya berkarakter, mandiri, berakhlak, dan berkeadilan yang sejahtera.

Loading...

“Menjadi pemimpin Malaka harus tahu budaya. Kami sangat yakin bahwa suara rakyat adalah suara Tuhan atau biasa disebut Vox Populi vox Dei. Dari visi ini kami jabarkan dalam Misi yang memuat 5 hal penting,” kata Simon.

Misi pokok adalah menyediakam swasembada pangan. Karena itu yang dilihat soal potensi daerah bersangkutan untuk kemudian disediakan kebutuhan air.

“Kalau Rinhat punya pertanian maka diatur strateginya. Seorang pemimpin harus tahu persis potensi daerah. Strategi harus lihat apakah ada sumber mata air, tinggal turunkan ahli pengairan untuk survei berapa debitnya sehingga ada program pipanisasi,” jelas Simon.

Program lain dalam mendukung Swasembada pangan adalah, peternakan. Potensi ini harus dikembangkan sehingga pemerintah siapkan program pendukung tepat sasaran.

Hal lain, beber Simon, memperkokoh adat istiadat dengan membangun balai adat. Pihaknya juga memperhatikan gaji para Fukun dan apa yang dibicarakan ini sudah disiapkan regulasinya berupa perda.

Potensi Seni budaya seperti Tarian Likurai terus dilestarikan. Hal ini untuk menunjukan ke dunia lain provinsi lain bahwa Malaka itu ada dengan budayanya.

“Selama ini yang saya tahu tidak ada ulangtahun Kabupaten Malaka dirayakan dalam sebuah pesta rakyat. Ini wajib dilaksanakan dan kita bisa pentaskan kebudayaan yang kita miliki,” ujar pria yang lama menetap di Bali ini.

Simon yang juga praktisi Hukum dan Dosen Hukum ini menambahkan, hal toleransi antar umat beragama juga menjadi perhatian pasangannya.

Loading...

Pasalnya, untuk membangun Malaka harus dalam semangat kebersamaan tanpa membedakan suku, ras dan agama karena semua dengan segala kemampuan dioptimalkan guna sama-sama membangun Malaka ke depan lebih baik lagi.

Hal lain soal penerapan beasiswa harus memperhatikan anak-anak yang cerdas namun orangtuanya miskin dan tidak bisa beasiswa buat anak-anak pejabat. Pola seperti ini kedepan akan diperbaiki agar semua anak Malaka yang memiliki kemampuan harus diakomodir tanpa perbedaan.

Penulis: Querido

Tonton Juga Video Deklarasi Tim SAKTI Kupang Dukung SN-KT:

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *