SMAN 9 Mataram Bersama Kantor Bahasa NTB Gelar Daring Literasi

SMAN 9 Mataram Bersama Kantor Bahasa NTB Gelar Daring Literasi

Nkripost, NTB – Kepala Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Mataram Nusa Tenggara Barat (NTB) Nengah Istiqomah,M.Pd menyatakan SMAN 9 Mataram bersama Kantor Bahasa Provinsi NTB Gelar Praktik Baik Literasi Daring (dalam jaringan Red) untuk anak-anak didik

Demikian dikatakan Kasek SMAN 9 Mataram Nengah Istiqomah,M.Pd kepada wartawan Media ini saat di konfirmasi via HP pada Selasa (8/9/2020) di Mataram NTB.

Kasek menjelaskan “Literasi yang sedang digaungkan saat ini adalah Literasi Sekolah. Maksud dan tujuannya adalah untuk membentuk karakter bangsa khususnya anak-anak didik.

Dengan mensosialisasikan gerakan Literasi ini, anak-anak kita bisa mengadakan kegiatan membaca. Dari membaca akan menghasilkan karya yang bermanfaat.” Jelasnya

Literasi yang dikembangkan di SMAN 9 Mataram saat ini adalah “Literasi yang berbasis Lingkungan. Karena dalam program ini SMAN 9 Mataram memiliki sejumlah fasilitas pendukung. Misalnya ada Perpustakaan Sekolah.Ada Panggung Literasi (Barugak) dan lain-lain.” Sebutnya.

Kegiatan ini terselenggara dan diinisiasi oleh Kantor Bahasa NTB bekerjasama SMAN 9 Mataram.

Loading...

Dengan digelarnya daring ini diharapkan siswa/siswi berperan aktif dalam Literasi Sekolah supaya suka membaca. Kemudian dibina supaya menghasilkan karya sehingga bermakna. Misalnya kegiatan- kegiatan dapat didokumentasikan untuk masa depan 5 atau 10 tahun kedepan ada sebagai sejarah.

Apalagi sekarang masih Covid-19. Tentu sangat pantas untuk didokumentasikan menjadi kenang-kenangan histori bagi generasi yang akan datang.

Dikatakannya bahwa Kantor Bahasa NTB dengan SMAN 9 Mataram telah membuat MOU menghasilkan karya tersebut.
Kedepan lanjut Kasek yang telah memiliki sejumlah buku karyabya tersebut akan membuat programnya. Misal nya Satgasnya yang ada di sekolah. Siapa yang bertugas menghandel anak-anak.Siapa yang membina sampai mewujudkan dalam bentuk buku. Buku yang dimaksud adalah buku yang layak untuk dibaca dan layak untuk dipublikasikan menjadi bahan bacaan. Dengan harapan agar anak-anak didik kita bisa didik dengan baik agar dapat membentuk karakter yang baik.

Loading...

” Narasumber pada acara tersebut sebanyak 3 orang yaitu dari Sastrawan NTB Cek Suparlan,dari Kantor Bahasa Hartanto,SS,dan Kasek SMAN 9 Mataram adalah Nengah Istiqomah M.Pd. Peserta Sebanyak lebih kurang 100 orang.” Imbuhnya.

Taqwa NTB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *