Skema Pembukaan Sektor Ekonomi Masyarakat Produktif dan Aman Covid – 19

  1. Penetapan 102 kabupaten/kota melaksanakan program masyarakat produktif dan aman Covid-19 di zona hijau (tidak terdapat kasus Covid-19).
  2. Dilakukan secara terencana dengan tahapan prakondisi, waktu yang tepat, sektor yang tepat, sektor yang diprioritaskan, koordinasi pusat & daerah, serta monitoring & evaluasi.
  3. Berdasarkan amanat UUD 1945 konstitusi (melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum) dan mempertimbangkan dampak kesehatan, sosial ekonomi dan tenaga kerja.
  4. Penilaian sektor ekonomi yang dibuka dengan mempertimbangkan risiko penularan menggunakan indikator kesehatan masyarakat berbasis data epidemiologi, surveilans kesehatan masyarakat dan pelayanan kesehatan.
  5. Penilaian dampak ekonomi menggunakan indikator indeks dari 3 aspek ketenagakerjaan, proporsi Produk Dosmetik Regional Bruto sektoral dan indeks keterkaitan sektor.
  6. Penilaian sektor ekonomi yang dibuka dengan mempertimbangkan risiko penularan menggunakan indikator kesehatan masyarakat berbasis data epidemiologi, surveilans kesehatan masyarakat dan pelayanan kesehatan.
  7. Dilakukan oleh kementerian dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, diawali dengan edukasi, sosialisasi dan simulasi secara bertahap.
  8. Supervisi (monitoring dan evaluasi) dilakukan bersama-sama kementerian/dinas terkait, Gugus Tugas Pusat dan daerah serta elemen masyarakat secara terus menerus.
  9. Dalam hal ditemukan kasus Covid-19 dalam sektor, maka Gugus Tugas akan merekomendasikan kepada kementerian terkait untuk menutup kembali aktivitas pada sektor tersebut.
  10. Dalam hal terjadi potensi transmisi lokal ke masyarakat luas, maka perusahaan dan/atau manajemen kawasan sektor tersebut berkewajiban melakukan testing masif, tracing agresif dan isolasi yang ketat dalam kluster tersebut.(*)

🇮🇩🇮🇩🇮🇩🙏🏻🤝🙏🏻🇮🇩🇮🇩🇮🇩

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *