Selamat Hari Pahlawan, KM AMPG: Saatnya Generasi Muda Melanjutkan Perjuangan

Selamat Hari Pahlawan, KM AMPG: Saatnya Generasi Muda Melanjutkan Perjuangan

November 10, 2019 0 By Redaksi
SHARE ya:

JAKARTA – Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa para pahlawannya”, begitulah ungkapan presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno 58 tahun silam dalam pidatonya memperingati Hari Pahlawan Nasional pada Tanggal 10 November 1961.

Kemerdekaan ini tak lain merupakan sebuah hadiah dari Tuhan yang Maha Kuasa atas semangat perjuangan para pahlawan yang terus berjuang mengerahkan tenaga pikiran hingga titik darah penghabisan demi kemerdekaan Indonesia.

Begitu juga para pemuda yang telah bersumpah bertanah air yang satu, berbangsa yang satu, dan berbahasa yang satu untuk berjuang mengusir penjajahan di muka bumi Nusantara.

Para pejuang kemerdekaan indonesia telah gugur, tapi kemerdekaan yang telah di raih harus terus dipertahankan, tongkat estafet perjuangan tidak boleh berhenti di makan masa. Walaupun negara ini sudah merdeka bukan berarti perjuangan telah usai.

Saatnya generasi muda yang melanjutkan perjuangan mereka, sebagai agen perubahan pemuda dan juga mahasiswa harus melanjutkan perjuangan para pahlawan agar menggapai cita-cita bangsa.

Pemuda, khususnya mahasiswa, memiliki peran yang sangat besar bagi perubahan-perubahan bangsa ini. Itulah mengapa mahasiswa sering disebut sebagai agent of change (agen perubahan)

Sejarah telah menorehkan tintanya, bahwa setiap momen penting perubahan bangsa ini senantiasa melibatkan kaum muda sebagai lokomotif penggeraknya.

Ini semakin menegaskan bahwa betapa besar peran pemuda bagi bangsa ini tidak bisa dinilai hanya sebatas perjuangan biasa.

Memulai perubahan itu dari hal kecil tapi bisa dilakukan dengan cara sederhana maupun dengan cara yang luar biasa.

Banyak yang bisa dilakukan kaum muda terutama mahasiswa di negeri tercinta ini sebagai langkah baru demi kemajuan bangsa.

Pemuda dan juga mahasiswa senantiasa bisa memanfaatkan momen hari Pahlawan ini sebagai langkah menunjukan bahwa kaum muda bukan sekedar pelengkap akan tetapi bisa menjadi leader untuk kebaikan bangsa.

Pemuda dan Mahasiswa selama ini telah mewarnai laju sejarah dan dinamika pejuangan bangsa sejak era memperjuangkan kemerdekaan.

Pemuda dan mahasiswa harus berani berkomitmen menjadi generasi muda yang berkualitas, menjadi calon pemimpin negeri yang menjanjikan, bijak dan ideal. Pepatah bijak mengatakan “ Bergeraklah. Karena orang yang diam tidak akan menghasilkan apa-apa”.

Baik buruknya suatu negeri, itu tergantung pada pemudanya. Kecintaan generasi muda pada bangsa, akan mampu mengantarkan bangsa ini menjadi negara yang tidak hanya berpangaruh secara nasional akan tetapi juga di dunia.(***)

SHARE ya: