Sekelumit Pertanyaan Saat Ini, Besok Dan Nanti Menjadi Tempat Berpijak Anak Manusia

Dimanakah kita sekarang? Dan dimanakah kita lima atau sepuluh tahun kedepan?
Oleh : Purnomo

NKRIPOST.COM, JEPARA – Sebuah pertanyaan yang selalu ada dalam fikiranku

Di luar hukum alam bahwa hidup adalah misteri, Tuhan memberi kita kesempatan untuk menentukan arah. Ujung takdir itu sendiri masih gelap, tapi perjalanan menyusuri takdir itu sepenuhnya adalah jalan terang.

Pendidikan diyakini menjadi semacam tangga menuju hidup yang lebih baik. Educate to elevate. Jangan mengartikan pendidikan dengan sekolah. Pendidikan lebih luas dari sekadar gedung, meja dan bangku belajar serta jadwal pelajaran. Pendidikan adalah proses belajar. Belajar dari siapapun tentang apapun. Karena kehidupan sejatinya adalah sekolah yang sebenarnya.

Kita memang ditakdirkan untuk selalu menjadi lebih baik. Ketika menciptakan manusia, Tuhan sudah melengkapi software-nya dengan kemampuan untuk melakukan automatic upgrade. Pada sebagian orang, kemampuan itu dimanfaatkan dengan maksimal. Dan pada sebagian yang lain dibiarkan berjalan apa adanya. Tapi ada jenis manusia, yang ketika tombol penawaran automatic upgrade itu muncul dalam hidupnya, dia selalu menekan tombol “never” atau “not now”

Loading...

Manusia berpolitik sebagai ikhtiar. Semar hadir sebagai panduan moral, karena sejatinya Mahabharata adalah kisah perpolitikan Pandawa dan Kurawa. Dan sebagai bangsa, kita harus meyakini bahwa Pancasila adalah jati diri yang harus menjadi pedoman, menjadi dasar dan mewarnai seluruh ikhtiar kita dalam membangun bangsa ini.

Melihat keduanya, Semar dan Pancasila karya pak Sudiro, adalah penyemai semangat batin. Kita harus yakin, bahwa kita bangsa yang besar. Tidak harus dengan belajar dari bangsa-bangsa lain, karena bangsa kita sendiri telah memiliki inti diri itu.

Jangan sampai melupakan Semar, dan jangan pernah meninggalkan Pancasila. Dan kita akan menjadi bangsa yang besar. Itulah sebagian kecil dari banyak sudut pandang tentang kehidupan berbangsa dan bernegara.***

Loading...

NkriPost – Purnomo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *