Satpol Air Tanjungbalai Gelar Patroli Di Perairan Wilayah Hukum Polres Tanjungbalai

Satpolair Polres Tanjungbalai Cek Suhu Tubuh ABK

NKRI Post, Tanjungbalai – Satpolair Polres Tanjungbalai menggelar patroli laut di wilayah hukum perairan polres Tanjungbalai, selama 1 x 24 Jam, razia atau patroli digelar mulai dari Senin 23/11/2020 sampai dengan Selasa 24 /11/2020. yang di mulai dari jam 08.00.WIB.

Tujuan di gelarnya razia ini, guna untuk mengantisipasi terjadinya laka laut,selain itu juga mengantisipasi adanya kapal yang keluar masuk Tanjungbalai yang di duga membawa TKI atau barang barang haram lain nya, dari Negara Malaysia, dalam patroli itu pihak satpolair juga  menertibkan dan melakukan pemeriksaan terhadap kapal kapal laut lainnya termasuk kapal nelayan menangkap ikan yang di duga tidak mematuhi protokol kesehatan.

Pada kesempatan itu, juga dilaksanakan public speaking sebagai bentuk kebiasaan baru guna untuk mencegah merebahnya wabah corona atau covid 19, kepada sejumlah nelayan yang ditemukan di berikan pengarahan terkait pencegahan virus corona, dengan cara memakai masker yang baik dan benar, menjaga jarak, serta mencuci tangan pakai sabun dan menghindari kerumunan masa, serta menerapkan hidup sehat dengan cara beristirahat yang cukup, dan berolah raga yangbteratur, serta memakan makanan yang sehat.

Kegiatan itu dilaksanaian di perairan, wilayah Tanjungbalai Asahan, dengan menggunakan kapal patroli KP.II – 2027 yang di awaki oleh team regu I. Bripka Juanda dan Bripka AS.Damanik, dengan menggunakan  kapal milik Satpolair Tanjungbalai melakukan patroli laut dimulai dari Pelabuhan Tanjungbalai.

Sekitar pukul 01.19. WIB KP.II 2027 laga jangkar pada titik kordinat N 2° 59′ 11.6736″, E 99° 51′ 55.5336″ sambil melakukan pengawasan dan pemeriksaan pada kapal kapal yang sedang lewat.

Tepatnya pada titik kordinat N  2° 59′ 12.3252″  E  99° 51′ 52.1172″ menemukan kapal KM Anugrah Bersama – III yang di nakhodai oleh Ismael Panjaitan  datang dari Tanjungbalai menuju Panipahan,setelah dilakukan pemeriksaan dokumen nya lengkap, dan empat orang Anak Buah Kapal (ABK), para petugas memeriksa muatan kapal yang berupa bahan bahan bangunan dan tidak ditemukan barang barang yang ilegal atau barang haram yang melanggar hukum.

Loading...

Dalam patroli tersebut petugas satpol air juga melakukan pemeriksaan suhu tubuh kepada ABK, dengan menggunakan Termo scan, Petugas memeriksa dokumen izin kapal, setelah semua lengkap kapal dibolehkan melanjutkan perjalanan, namun sebelumnya pihak petugas juga meminta agar oara ABK atau nelayan untuk tetap mematuhi peraturan protokol kesehatan.

Disamping itu nelayan atau ABK kapal juga di himbau agar memeriksa dokumen kapal sebelum berangkat,serta membawa alat alat perlengkapan atau persediaan lain nya seperti jeket, plampung, atau Ring boy, Appar serta kotak obat atau P3K.

Rencananya, Satpolair Polres Tanjungbalai akan terus menggelar patroli untuk mengantisipasi terjadinya konflik horizontal antar nelayan dan keselamatan, seagai mitra polisi dalam memilihara Kamtibmas dengan membantu memberikan informasi jika nelayan ada mengetahui pelanggaran atau bentuk kejahatan lainnya, seperti TKI ilegal yang masuk dengan cara menumpang kapal.serta masuk nya Ballpres atau barang haram lain nya terlebih lagi  narkoba.(Iyan) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *