Relawan YGBI Apresiasi Sikap Tegas Pemkab Gowa Berlakukan PSBB

Relawan Yayasan Gerak Bersama Indonesia saat menggelar sosialiasi dan edukasi pencegahan Covid-19.

GOWA, NKRIPOST.COM – Pemerintah Kabupaten Gowa mulai memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kabupaten sejak Senin 4 Mei 2020. Hal tersebut dilakukan demi mencegah penyebaran Covid-19 atau virus corona.

Berkaitan dengan itu, Relawan Satgas Pencegahan Covid-19 Yayasan Gerak Bersama Indonesia (YGBI) sangat mendukung langkah pemerintah kabupaten Gowa menerapkan PSBB.

Loading...

Advokat Hukum dan HAM Yayasan GBI, Muhammad Fakhruddin SH MH mengatakan perlu ada dukungan secara total oleh semua pihak untuk mensukseskan PSBB di wilayah Gowa.

Menurutnya, penerapan PSBB ini dipandang positif karena tujuannya untuk memutus mata rantai Covid-19. Apalagi di Gowa, kata Fakhruddin, merupakan wilayah kedua di Sulawesi Selatan setelah Kota Makassar yang tingkat kasusnya paling tinggi.

Ia menyebut, sikap tegas dan perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa di bawah kepemimpinan Adnan Purichta Ihsan dalam memutus mata rantai wabah ini dengan menerapkan PSBB patut diapresiasi. Karena mampu mengakomodir seluruh stakeholder, khususnya aparat TNI, Polri dan Satpol PP melakukan pemerikasaan di beberapa titik dengan ketat.

“Kemarin (PSBB) sudah di berlakukan, bahkan area perbatasan diperketat. Saya pikir itu adalah langkah tegas yang diperlihatkan para petugas,” ungkapnya, Selasa (5/5/2020) dini hari.

Namum dalam penerapan PSBB ini, lanjut  Fakhruddin, juga perlu ada pengarahan secara manusiawi, tidak serta merta bertindak di luar batas.

“Kan tidak semua masyarakat paham aturan PSBB, apalagi watak dan karakternya berbeda-beda, tidak semua harus dengan cara keras, tapi tetap tegas,” ujarnya.

Loading...

Untuk itu, relawan YGBI mengajak seluruh elemen masyarakat agar tetap patuh terhadap aturan PSBB.

“Keluar gunakan masker, batasi aktivitas jam malam seperti berkeliaran dan nongkrong di luar rumah, apalagi kalau ngumpul. Ini untuk keselamatan bersama,” ujarnya.

Sekedar diketahui, Gerak Bersama Indonesia merupakan yayasan yang bergerak di bidang sosial kemanusiaan.Yayasan ini menghimpun sejumlah elemen masyarakat dari berbagai profesi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *