Rafael Mundur dari ASN saat Diperiksa, Ini Reaksi BKN

Rafael Mundur dari ASN saat Diperiksa, Ini Reaksi BKN

26 Februari 2023 0 By Tim Redaksi

NKRIPOST.COM – Rafael Alun Trisambodo menyatakan mundur dari ASN Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan melalui surat terbuka.

Namun, surat resmi pengunduran diri Rafael belum diterima di instansi tempatnya bekerja.

Sesuai dengan Peraturan BKN Nomor 3 Tahun 2020, PNS yang sedang dalam pemeriksaan pejabat yang berwenang karena pelanggaran disiplin bisa ditolak pengunduran dirinya.

“Permintaan berhenti sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditolak apabila dalam pemeriksaan pejabat yang berwenang memeriksa karena diduga melakukan pelanggaran disiplin PNS,” bunyi Pasal 5 Ayat 6C Peraturan BKN Nomor 3 Tahun 2020, dikutip Jumat (24/2/2023).

Plt Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Iswinarto Setiaji menegaskan, pengunduran diri Rafael Alun Trisambodo harus ditolak Kementerian Keuangan karena sedang dalam pemeriksaan.

“Harus ditolak apabila sedang dalam pemeriksaan oleh pejabat yang berwenang karena diduga melakukan pelanggaran disiplin,” tuturnya kepada detikcom.

Sebagai informasi, Kemenkeu sedang melakukan pemeriksaan disiplin pegawai terhadap Rafael Alun Trisambodo.

Pejabat pajak yang baru dicopot itu akan diperiksa keaslian kekayaannya.

Dalam memeriksa kekayaan Rafael Alun Trisambodo, Sri Mulyani turut menggandeng Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) serta Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

“Intinya kita cocokkan yang dilaporkan dengan kemampuan ekonomis dia, penghasilannya, mungkin pajak juga, apakah dia ada warisan atau ada penghasilan lain, kan gitu. Nggak sampai di situ, kita juga kerja sama dengan instansi terkait seperti KPK dan PPATK,” kata Inspektur Jenderal Kemenkeu Awan Nurmawan Nuh kepada wartawan di Kantor Pusat DJP, Jakarta Selatan.