Prajurit Yontaifib 2 Marinir Kibarkan Banner Hari Nusantara 2020

Prajurit Yontaifib 2 Marinir Kibarkan Banner Hari Nusantara 2020

Nkripost, Sidoarjo – Delapan Belas Peterjun prajurit Batalyon Intai Amfibi 2 Marinir menyemarakkan puncak peringatan Hari Nusantara tahun 2020, di Lanudal Juanda, Sidoarjo. Minggu (13/12/2020).

Ke 18 peterjun dibawah komando Lettu Marinir Okto Guztiansyah Lulusan Akademi Angkatan laut angkatan 60/2015 tersebut melaksanakan aksi menakjubkan di udara, dengan formasi tiga personel flag jump membawa banner harnus, tujuh personel melaksanakan boogei jump dan delapan personel terakhir membawa banner Hari Nusantara 2020 yang dikelilingi Bendera Merah Putih, dari pesawat Cassa U-6206 Skuadron 600 Wing Udara 2 Puspenerbal Sidoarjo.

Peringatan Hari Nusantara tahun ini yang bertema “Budaya Bahari Demi Peningkatan Ekonomi Era Digital” digelar secara virtual atau full digital. Yang bertujuan merubah mindset bangsa Indonesia mengenai ruang hidup dan ruang juang dari matra darat menjadi matra laut (matra darat dan matra laut berimbang), Menjadikan bidang kelautan sebagai arus utama (Mainstream) pembangunan nasional, Menghasilkan model pembangunan terintegrasi bagi kepulauan terluar dan atau terpencil, dan Mewujudkan Indonesia menjadi negara maritim yang mampu mengelola potensi sumber daya alam laut untuk kesejahteraan masyarakat dan disegani dunia.

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menkomarves) RI, Luhut Binsar Panjaitan, membatalkan agenda peringatan Hari Nusantara yang dijadwalkan akan berlangsung di Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur (Kaltim) tidak diadakan secara fisik, karena melihat kondisi yang masih dilanda pandemi dan kenaikan angka kasus Covid-19 di beberapa tempat.

Lebih lanjut dikatakan peringatan Hari Nusantara digelar secara virtual atau dalam jaringan (daring). Keputusan ini tentunya demi kebaikan semua pihak. “Mengingat keadaan sekarang, kita semua harus prihatin dan bersatu padu untuk menghentikan pandemik ini,” kata Menkomarves.

Loading...

Sementara itu, Danyontaifib 2 Marinir Letkol Marinir Supriyono selaku koordinator demo terjun Hari Nusantara 2020 mengatakan kegiatan yang dilakasanakan secara sederhana tersebut tetap mengedepankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yaitu dengan pemeriksaan suhu badan oleh tim kesehatan, memakai masker dan menjaga jarak untuk mencegah penyebaran virus corona.

Hadir menyaksikan dalam penerjunan tersebut Paban II Sopsal Kolonel Laut (P) Mochammad Riza, S.E., Asops Danpasmar 2 Kolonel Marinir Bakti Dasasasi P, Dirops Puspenerbal Kolonel Laut (P) Catur Sigit Sumarsono. (*)

Hari Nusantara 2020Marinir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *