SELAMAT DATANG DI NKRI POST
TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI KAMI
SAMPAI JUMPA LAGI

Ponpes Al-Hasani Alian, Resmi Dilaunching Jadi Pesantren Tangguh

BAGIKAN :
Ponpes Al-Hasani Alian, Resmi Dilaunching Jadi Pesantren Tangguh

Nkripost, Kebumen – Pondok Pesantren Al- Hasani Desa Jatimulyo Kecamatan Alian Kebumen, secara resmi di launching menjadi pesantren tangguh atau siaga candi. Dengan diresmikanya pondok pesantren tersebut diharapkan dapat menjadi prototype atau percontohan bagi pesantren lainya, dalam upaya pencegahan virus corona maupun bidang lainya, seperti ketahan ekonomi, kesehatan, dan keamanan.

Peresmian ditandai dengan pemukulan bedug oleh Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan, Kamis 9 Juli 2020 di Pondok pesantren setempat. Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Asisten satu Setda Kebumen Heri Setiyanto, Forkopimcam Alian serta pejabat Polres Kebumen dan Pengasuh Pondok Pesantren Alhasani Gus Fachrudin Achmad Nawawi.

Dijelaskan Kapolres Kebumen, dipilihnya pondok pesantren Alhasani menjadi pesantren siaga candi merupakan ponpes yang sudah siap dan telah melaksanakan protokol kesehatan dengan baik dalam menghadapi wabah virus corona. Seperti disiplin menggunakan masker, menyiapkan tempat cuci tangan, jaga jarak atau physical distancing serta menjaga kebersihan dilingkungan pesantren.

‘’ Pesantren ini layak dan patut menjadi percontohan pesantren lainya,’’ujar Kapolres AKBP Rudi Cahya Kurniawan kepada wartawan NKRIPOST Kebumen.

Selain itu, Ponpes Alhasani juga dinilai cukup tangguh dalam menjaga ketahanan ekonomi, kesehatan serta keamanan. Meskipun dalam situasi urgensi atau genting. Hal itu terbukti adanya pemberdayaan ekonomi dilingkungan pesantren bagi para santri. Seperti misalnya di bidang peternakan, perikanan serta perdagangan.

“ Saya melihat dari inisisasi Pimpinan Ponpes di sini sudah menrapkan protocol kesehatan dan disini pemberdayaan ekonomi juga sudah berjalan,’’imbuh Kapolres.

Loading...

Terkait hal tersebut, Bupati Kebumen Melalui Asisten 1 setda Kebumen Heri Setiyanto menyampaikan, bahwa dengan diresmikanya Pondok Pesantren Al-Hasani yang menjadi pesantren siaga candi, diharapkan dapat bersinergi dengan pemerintah agar Kabupaten Kebumen bersih dari covid 19.

“Atas nama Pemkab Kami bangga dan sangat mengapresiasi. Semoga kedepan bisa bersama sama membantu pemerintah dalam upaya pencegahan corona. Terutama dilingkungan pesantren,’’ucap Hery.

Sementara itu, pengasuh Pondok Pesantren Al-Hasani Gus Facrhrudin Ahmad An-Nawawi menyampaikan terima kasih atas dipilihnya Pondok Pesantrennya menjadi pesantren tangguh atau siaga candi. Menurutnya, ini sebuah amanah yang harus dilaksanakan dengan baik dan bisa untuk mengedukasi masyarakat. Meski begitu, sejauh ini pihaknya telah melakukan berbagai upaya dan bimbingan kepada santri. Terutama dalam pemberdayaan ekonomi dan kemandirian bagi santri.

“ Terkait pemberdaayan ekonomi bagi para santri di pondok, yaitu mulai dari peternakan, perikanan, koprasi dan ketrampilan lainya,’’terang Gus Fachru yang juga Ketua Forum Santri Indonesia Cabang Kebumen itu.

Lebih jauh dijelaskan, bahwa ponpes Alhasani sebenarnya memiliki dua kategori santri, yakni santri umum dan santri Fajim atau Forum Anak Jalanan Insyaf, Mengaji. Santri Fajim merupakan santri yang notabenya berlatar belakang mantan anak jalan dan telah insyaf menjadi santri mondok di pesantren Alhasani. Kendati begitu, untuk sistem pembelajaran dan tempat mondok mereka dilakukan secara terpisah. Hal itu dilakukan agar para santri bisa lebih fokus saat belajar di pondok pesantren.

‘’ Seperti diketahui, di Ponpes Alhasani ada dua kategori santri. Yakni santri umum dan Fajim yang merupakan santri dari mantan anak jalanan. Namun, khusus pondok santri Fajim kita tempatkan terpisah,’’jelas Gus Fahrudin.

Dalam kegiatan tersebut, cara juga dilaksanakan penyerahan bantuan paket sembako kepada warga kurang mampu. Bantaun tersebut diserahkan dalam rangka HUT Bhayangkara ke 74.(*)

Terbitkan Pada: 10 Juli 2020 by NKRI POST

BAGIKAN :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Untuk Informasi Silahkan Hubungi Kami
Untuk Informasi Seputar NKRIpost Bisa Hubungi Kami