Perwako Pekanbaru  Terapkan Sangsi Denda, Jaga Jarak Minimal 1 Meter, Masker, Rp 250 Ribu Untuk Pengendara Roda 2, Rp 1 Juta Untuk Roda 4

Perwako Pekanbaru Terapkan Sangsi Denda, Jaga Jarak Minimal 1 Meter, Masker, Rp 250 Ribu Untuk Pengendara Roda 2, Rp 1 Juta Untuk Roda 4

NKRI POST.RIAU | Pekanbaru – Walikota Pekanbaru Firdaus telah menetapkan Peraturan Walikota (Perwako) Pekanbaru nomor 130 tahun 2020 tentang, Perubahan kedua atas Peraturan Walikota Pekanbaru nomor 104 tahun 2020 tentang Pedoman Perilaku hidup baru masyarakat Produktif dan aman dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona virus disease 2019 (Covid-19) di Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Kamis (30/7/2020).

Sebagai upaya pemerintah Daerah untuk memutus mata rantai penularan Corona virus disease 2019 (Covid-19), dilakukannya upaya diberbagai aspek kehidupan, Pemerintahan, pendidikan, Keagamaan, Sosial budaya, Dunia usaha dan aspek lain sebagainya.

Peraturan Walikota (Perwako) Pekanbaru nomor 130 tahun 2020 ditetapkan walikota Pekanbaru Firdaus, Berdasarkan Pasal 18 ayat (6) Undang – Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, yang menyatakan bahwa, Pemerintah Daerah Berhak menetapkan Peraturan Daerah dan Peraturan – Peraturan lainnya untuk melaksanakan Otonomi Daerah dan tugas Pembantuan.

Dan ber acuan dengan Undang – Undang nomor 4 tahun 1984 tentang Wabah penyakit menular, mengatur tentang jenis penyakit yang dapat menimbulkan wabah, Daerah wabah, Upaya penanggulangan, Hak dan kewajiban dan ketentuan Pidana.

Loading...

Dalam Perwako Pekanbaru nomor 130 tahun 2020 tersebut, pada Pasal 17 ayat (1),  jelas, Walikota Pekanbaru Firdaus, menegaskan, “Setiap orang yang tidak melaksanakan kewajiban Protokol kesehatan, yaitu : Tidak menggunakan masker dan/atau menjaga jarak pada tempat yang diwajibkan untuk menjaga jarak minimal 1 meter.
Sebagaimana diatur dalam Peraturan Walikota ini, dikenakan sangsi Denda Adminstratif sebesar Rp 250.000.00 (Dua Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah), “tegasnya.

Apabila sangsi Denda sebagaimana yang dimaksud, tidak dipatuhi, maka, dikenakan sangsi Kerja sosial berupa, Pembersihan Sarana Fasilitas Umum selama 1 hari kerja.

Juga menegaskan pada, Pasal 19 ayat (1) Perwako nomor 130 tahun 2020, “Pengendara Tranportasi yang tidak memakai Masker dan/atau tidak mematuhi Protokol kesehatan dan Pedoman tatanan Perilaku hidup baru, sebagaimana dimaksud, dikenakan sangsi Denda Adminstratif yaitu : Untuk Pengendara Roda 2 / sepeda motor, sebesar Rp 250.000.000 dan Pengendara Roda 4 atau lebih besar Rp 1.000.000.00.

Apabila sangsi Denda yang dimaksud tidak dipatuhi, maka dikenakan sangsi Kerja sosial Berupa Pembersihan Sarana Fasilitas Umum selama 1 hari kerja.

Yang menjadi Polemik diberbagai kalangan masyarakat Kota Pekanbaru pada saat ini, pada Perwako Pekanbaru nomor 130 tahun 2020 yang ditetapkan tersebut, tidak menetapkan tempat – tempat yang diwajibkan menjaga jarak minimal 1 meter sebagaimana yang disebutkan.***[Budiman]

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading...
Open chat
Untuk Informasi Silahkan Hubungi Kami
Untuk Informasi Seputar NKRIpost Bisa Hubungi Kami