Peringati Hari Kartini, Pemerintah Kecamatan Ujanmas Berdinas Pakai Kebaya.

Pemerintah Kecamatan Ujanmas Berdinas Pakai Kebaya.

Nkripost, Muara Enim – Jauh sebelum organisasi  Budi Utomo lahir pada tanggal 20 Mei 1908, kepada sahabat-sahabatnya Kartini telah menuliskan  gagasan tentang nasionalisme, kebangsaan, dan pentingnya persatuan untuk mewujudkan sebuah bangsa.

Pemikiran Kartini yang terpublikasikan dalam berbagai surat kabar juga mampu menggugah  rasa kebangsaan pemuda terpelajar, khususnya yang sekolah di School tot Opleiding van Inlandsche Arts (STOVIA) atau Sekolah Kedokteran Bumiputera. Salah satunya adalah  Cipto Mangunkusumo. Para pelajar STOVIA ini bukan saja bersahabat dengan Kartini, tetapi mereka memanggilnya  sebagai Ayunda, tempat dimana mereka bisa mencurahkan persoalan yang dihadapi.

Loading...

RA Kartini

RA Kartini tidak  boleh hanya  dimaknai sebagai pahlawan emansipasi perempuan  Indonesia. Sebab jika kita mau belajar dari perjalan hidup, pemikiran, gagasan  dan cita-citanya,  kita akan mengerti bahwa sepanjang hayatnya Kartini  berjuang untuk sebuah bangsa yang seringkali diungkapkan sebagai Bangsa Bumiputera atau Bangsa Jawa. Karena itu Kartini layak disebut sebagai Ibu Nasionalisme Indonesia.

BACA JUGA:

Selamat Hari Kartini Dan Sejarah Pergerakan Raden Ajeng

Terkait dengan hari Kartini ditahun 2021 ini, pemerintah kecamatan Ujanmas memperingati nya dengan cara seluruh pegawai baik yang tetap maupun tenaga honorer diwajibkan memakai baju batik bagi kaum laki – laki dan memakai baju adat kebaya bagi kaum perempuan.

Camat Ujanmas Hasman Hadi, SIP saat dikonfirmasi melalui via whatshap nya mengatakan “seluruh dinas dan instansi pada hari ini khusus nya hari Kartini ini kami diwajibkan memakai kebaya nasional sesuai dengan surat edaran bupati,”

“Semoga dengan hari Kartini ditahun 2021 ini khusus nya kaum perempuan dapat lebih maju lagi, dan dapat meneruskan cita – cita perjuangan RA Kartini sebagai pejuang dan pahlawan nasional di masa sekarang ini dan masa yang akan datang.” pungkas Hasman Hadi melalui via whatshap, rabu (21/4/21).

(suprayogi)

Selamat Hari Kartini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *