Kategori
DAERAH Kesehatan

Perang Melawan Corona, Gubernur NTT Gratiskan Rapid Test Dan Swab Untuk Warganya

BAGIKAN :
Video Umumkan Rapid Test dan Swab Gratis di NTT Saat Gubernur NTT Victor Bungtilu Laiskodat menghadiri Launcing Laboratorium Biomolekuler Kesehatan Masyarakat Provinsi NTT, Jumat, 16/10/2020.

Nkripost, NTT – Rapid Test atau tes cepat COVID-19 bertujuan untuk mendeteksi kasus secara dini sehingga pemerintah dapat menyusun dan melakukan tindakan yang tepat untuk menghentikan penyebaran virus corona.

Tidak semua orang perlu mengikuti Rapid Test atau tes cepat. Hanya mereka yang direkomendasikan oleh petugas kesehatan yang perlu menjalaninya.

Selain Rapid tes, ada juga Swab test corona yang merupakan pemeriksaan untuk mendeteksi virus corona. Tes ini juga disebut tes PCR (polymerase chain reaction).

Dalam swab test corona, petugas medis akan mengambil sampel apus dari saluran pernapasan. Misalnya, hidung dan tenggorokan. Sampel ini kemudian dibawa diperiksa di bawah mikroskop untuk mendeteksi ada tidaknya DNA virus corona.Tes PCR menganalisis DNA atau RNA (materi genetik virus) yang terdapat dalam virus. Meski sampel hanya mengandung materi genetik dengan jumlah sedikit, pemeriksaan ini dapat melipatgandakan DNA atau RNA tersebut.

Biaya pemeriksaan Rapid Test Dan Swab Test ini tidak dapat di sebut murah bagi masyarakat kelas menengah kebawah terutama golongan masyarakat tidak mampu apa lagi pada kondisi pandemi seperti saat ini.

Semangat perang melawan corona di daerahnya serta Menyadari akan kesulitan warganya, Jumat (16/10) Pemerintah Provinsi NTT melalui peraturan Gubernur NTT mengeluarkan kebijakan untuk seluruh pemeriksaan rapid test dan swab test Covid-19 di wilayah Provinsi NTT bisa diperoleh secara gratis.

Gubernur NTT Victor Bungtilu Laiskodat saat menghadiri Launcing Laboratorium Biomolekuler Kesehatan Masyarakat Provinsi NTT, Jumat, 16/10/2020

Hal tersebut disampaikan Gubernur NTT Victor Bungtilu Laiskodat (VBL) saat menghadiri Launcing Laboratorium Biomolekuler Kesehatan Masyarakat Provinsi NTT yakni kerja sama Pemprov NTT, Undana dan Forum Akademia NTT di Rumah Sakit Penyangga Undana Kupang, Jumat (16/10) pagi.

“Mulai hari ini, seluruh rapid test dan swab gratis di NTT,” kata Gubernur Victor Bungtilu Laiskodat yang disambut tepuk tangan para hadirin yang hadir.

Gubernur NTT Victor Bungtilu Laiskodat mengaku tidak ingin membebankan masyarakat NTT dengan biaya rapid test dan swab test saat masyarakat sedang dalam kesusahan.

“Saya kemarin panggil mereka semua dan saya hitung-hitung kalau pakai program ini artinya saya tidak perlu lama lagi biaya banyak orang untuk swab. Jadi terbatas sudah, nanti kemungkinan-kemungkinan yang kita dorong ke W.Z. Johannes. Karena itu setelah saya hitung tidak terlalu keluarkan biaya banyak, dari pada kita ambil PAD untuk orang dalam menderita lebih baik kita lepas dan cari yang lain,” ujarnya menambahkan.

Masyarakat NTT yang akan melakukan perjalanan keluar terutama bagi para pelajar dan mahasiswa yang melaksanakan pendidikannya di luar provinsi NTT tidak lagi dibebani biaya rapid test dan swab test.

“Saya telah menandatangani Pergubnya kemarin dan berlaku mulai hari ini. Semua masyarakat NTT gratis,” tegas Victor Bungtilu Laiskodat yang kembali disambut tepuk tangan meriah. (*)

BAGIKAN :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *