Peran Promosi Kesehatan dengan Menggunakan Medsos untuk Menurunkan Rasa Kecemasan Dalam Masa Pandemi COVID-19

VIRUS Corona atau Covid-19 merupakan bencana alam yang menimbulkan banyak masalah, mulai dari masalah pekerjaan, masalah sekolah sampai masalah keluarga.

Dilihat dari angka kematian 27 Juli 2021, Indonesia menduduki peringkat pertama dunia dengan 1.487 kasus kematian, disusul negara Rusia dengan 727 kasus dan Brasil 587 kasus.

Kasus kematian tersebut semakin bertambah hingga menyebabkan kecemasan.

Salah satu cara mencegah kecemasan tersebut dengan melakukan PROMOSI KESEHATAN menggunakan media sosial seperti Facebook, WhatsApp, Instagram, hingga Google.

Seperti yang kita ketahui, pada tahun 2019 seluruh dunia tercengang dengan adanya infeksi yang tidak bisa dijelaskan, yang muncul dari informasi yang telah disampaikan oleh Negara Tiongkok kepada wadah Kesehatan Dunia.

Penyebaran pada Covid-19 ini lama kelamaan semakin membesar, sudah banyak memakan korban, ditambah lagi dengan kehilangan harta maupun benda, dan juga menimbulkan masalah mental masyarakat yang mengancam dan dapat menghancurkan pola hidup masyarakat.

Loading...

Kesehatan mental tersebut bisa menyebabkan kegelisahan, ketakutan, dan rasa kekhawatiran yang tidak bisa ke kontrol bisa menimbulkan susah makan, kurang fokus dan juga bisa mudah tersinggung.

Untuk mencegahnya terhadap kecemasan yang semakin meninggi, dilakukan adanya edukasi dengan menggunakan promosi Kesehatan melalui Media Sosial.

Dengan adanya Sosial Media tersebut sehingga adanya himbauan dari pemerintah terhadap adanya menjaga jarak, promosi kesehatan tidak dilakukan untuk tatap muka, lalu di lakukan dengan cara virtual, sehingga promosi Kesehatan ini dilakukan dengan menggunakan media sosial seperti WhatsApp grup ataupun mengadakan webinar tentang promosi kesehatan.

Loading...

Jumlah pada kasus pandemi Covid-19 ini semakin meningkat setiap harinya, dan di Indonesia salah satunya yaitu masalah psikologis dampaknya dari pandemi Covid-19 ini, dan dari mereka yang menyalurkan ke media sosial, maka media sosial ini bisa dijadikan tempat perjalanannya untuk menyebarluaskan pengetahuan teruntuk pencegahan pada pandemi Covid-19 ini.

Lalu seluruh masyarakat di himbauan untuk menerima informasi yang telah di sampaikan di media sosial harus dibaca dan dimengerti.

Berjalannya waktu untuk perkembangan teknologi informasi di Indonesia itu semakin canggih dan juga sudah banyak jumlah pengguna internet, dari media sosial ini sebagian besar salah satu dari sumber informasi yang paling dekat dengan masyarakat.

Dan dari media sosial ini adalah platform berlandas dari internet yang sangat mudah untuk digunakan oleh masyarakat sehingga dapat memungkinkan untuk pengguna membuat konten yaitu seperti informasi yang positif terhadap masalah pandemi Covid-19 ini agar rasa kecemasan pada masyarakat dapat menurun, dan ada juga dari media sosial contohnya itu grup Whatsapp yang menyebarkan informasi negatif kepada penggunanya,kita sebagai masyarakat milenial harus mengkaji dalam suatu informasi,agar kita tau kalau informasi itu benar atau tidak.

Pengguna media sosial, sudah di ketahui akan meningkat selama masa pandemi Covid-19 ini,karena sudah banyak masyarakat yang menggunakan media sosial untuk menghilangkan masalah psikologisnya (kecemasan) yang dialaminya.

Media promosi kesehatan didominasi oleh penyampaikan informasi kesehatan berupa edukasi gambar teks dan gambar karena media tersebut paling mudah diterima oleh pembaca.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa media sosial telah menjadikan sumber peningkatan aspek kognitif hingga keterampilan di bidang kesehatan.

Diharapkan masyarakat dapat memperoleh ilmu dan wawasan yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dalam menghadapi masa pandemi Covid-19, diharapkan bagi tenaga kesehatan terutama bidan dan perawat desa untuk memanfaatkan media promosi kesehatan sebagai acuan,agar penyakit pada pandemi Covid-19 ini dapat menurun.

Loading...

Penulis: Erlangga Sulaeman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *