Peran Partai NasDem Hadapi Pandemi Covid-19 di Jepara

Nkripost, Jepara – Obrolan Seputar Situasi Jepara R-Lisa FM, bersama Ketua Nasdem Bapak H. Pratikno, Bapak H. Sunarto dan para kader untuk saling tanggap dalam menyikapi Corona selama pandemi ini.

Lima fraksi yaitu NasDem, PDI Perjuangan, PKB, PPP dan Gerindra. DPRD Jepara Menggunakan kewenangan legislatif memiliki hak mengawasi penggunaan anggaran. Salah satunya melalui pansus, sebagaimana diatur dalam Pasal 64 ayat (1) Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD Provinsi, Kabupaten, dan Kota.

DPRD telah melaksanakan rapat paripurna, Rabu (19/09/2020). Rapat paripurna mengumumkan pembentukan Panitia Khusus DPRD Jepara tentang Pembahas Penanganan Covid-19 dan Pengawasan Penyesuaian Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2020.

Adapun tugas dari pansus tersebut diantaranya memastikan penanganan korban masyarakat yang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP), dan pasien positif terinfeksi Covid-19 dilakukan secara masif dan terpadu di Jepara. Kemudian, memastikan protokol pencegahan Covid-19 telah dilakukan secara ketat dan menyeluruh di instansi pemerintah maupun di lingkungan masyarakat.

Selanjutnya, pansus juga memastikan pelaksanaan mitigasi berbagai dampak pandemi Covid-19 di Jepara berlangsung secara optimal. Hingga memastikan pelaksanaan penyesuaian Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2020 dalam rangka penanganan Covid-19.

Wakil Ketua DPRD Jepara, H. Pratikno menyampaikan, percepatan penanganan Covid-19 baik pemerintah pusat maupun daerah sudah membuat kebijakan. Namun, penerapan kebijakan pemerintah daerah melalui gugus tugas penanganan Covid-19 dirasakan belum optimal.

Loading...

“Terutama dalam permasalahan sosial, sehingga masyarakat ada yang menyampaikan aspirasinya ke DPRD,” ujarnya.

Oleh karena itu, lanjut H Pratikno, untuk memaksimalkan fungsi pengawasan, DPRD Jepara membentuk pansus tersebut.

“Mudah-mudahan Pansus Pembahas Penanganan Covid-19 dan Pengawasan Penyesuaian APBD Tahun 2020 bisa berperan maksimal dalam fungsi pengawasan,” katanya.(*)

Loading...

NKRI post ekohariyanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *