Kategori
KORPS

Pengabdian Altar ’89, Danpasmar 3 Serahkan Paket Sembako, Bibit Pohon Dan Masker

Danpasmar 3 Brigjen TNI (Mar) Edi Juardi Pakaikan Masker

Nkripost, Sorong – Alumni Akademi Angkatan Bersenjata (AKABRI) 1989 atau dikenal dengan ALTAR ‘89 wilayah Sorong menggelar Bakti Sosial (Baksos) berupa pembagian 3.000 paket sembako, 3.000 masker dan ribuan bibit pohon merbau, peniang serta pohon berbuah yang berlangsung di halaman Gereja Kristen Injil (GKI) Jemaat Tiberias Maladumes Rufei Jl. D.I Panjaitan, Kel. Tampa Garam, Distrik Maladumes, Kota Sorong, Papua Barat. Rabu (23/09/2020).

Kegiatan Baksos tersebut dihadiri langsung Alumni Altar ‘89 wilayah Sorong, yakni Kepala Staf Koarmada III Laksma TNI Maman Firmansyah, Komandan Pasmar 3 Brigjen TNI (Mar) Edi Juardi dan Komandan Lantamal XIV Brigjen TNI (Mar) Markos, S.E.
Kas Koarmada III mewakili Altar 89 dalam sambutan tertulisnya mengatakan bakti sosial merupakan manifestasi panggilan tugas seorang prajurit TNI dan Polri dalam bersinergi membantu kesusahan masyarakat di lingkungan sekitar Kota Sorong yang kita cintai bersama. Dalam kegiatan baksos Altar ’89, semua Matra baik TNI AD, TNI AL, TNI AU dan Polri sudah melaksanakan baksos kepada masyarakat dimulai dari wilayah paling ujung negeri Pulau Sumatera di Kota Sabang, Pulau Jawa di Kota Banten, Pulau Kalimantan di Kota Balikpapan dan saat ini paling membanggakan di Pulau paling timur bumi cendrawasih di Kota Sorong.

Lebih lanjut, pelaksanaan pendistribusian di Sorong Raya dengan melalui dua jalur, yaitu jalur laut dengan sasaran Pulau Soop, Pulau Ram, dan Pulau Doom serta jalur darat menggunakan truk dengan sasaran Katapop, Maladupok, Klasabi dan Klasugley.
“Niat yang tulus dan ikhlas ini tumbuh dari dorongan hati nurani segenap Alumni Akabri ‘89 atau Altar ‘89 untuk mewujudkan jati diri sebagai abdi negara yang lahir dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat”, pungkas Kas Koarmada III.

Dalam kegiatan tersebut, Danpasmar 3 menyerahkan secara simbolis paket sembako, bibit pohon dan masker kepada Babinsa Tampa Garam selanjutnya Danpasmar 3 melepas pemberangkatan pendistribusian jalur laut dengan isyarat menembakkan pistol sein ke udara.

Akhir kegiatan, segenap Altar ’89 wilayah Sorong melepas pemberangkatan pendistribusian jalur darat dilanjutkan pembagian masker kepada masyarakat sekitar GKI Jemaat Tiberias Maladumes.


Di tempat terpisah, juga alam rangka memperingati 31 tahun pengabdian kepada negara dan bangsa Alumni Akabri 1989 atau yang lebih dikenal Altar ’89 melaksanakan berbagai kegiatan kemanusiaan diseluruh penjuru pelosok negeri.

Dalam kesempatan ini Wakil Komandan Pasmar 3 Kolonel Mar Agung Trisnanto mewakili Komandan Pasmar 3 Brigjen TNI (Mar) Edi Juardi selaku Alumni Altar ’89 melaksanakan Bakti Sosial (Baksos) membagikan sembako kepada masyarakat Kampung Batu Lobang, Distrik Makbon, Kab. Sorong, Papua Barat. Rabu (23/09/2020).

Dalam sambutannya Wadan Pasmar 3 mengatakan, kegiatan Baksos ini selain untuk memperingati 31 tahun pengabdian Akabri ’89 atau Altar ’89 juga untuk membantu pemerintah dalam meringankan beban perekonomian masyarakat akibat wabah pandemi Covid-19 dan memantapkan kemanunggalan TNI dengan rakyat.
“Ini sebagai wujud Dharma Bakti Akabri ’89 dalam membantu sesama meringankan beban akibat wabah pandemi Covid-19 yang sampai saat ini belum ditemukan vaksinnya”, Ujar Wadan Pasmar 3.

Wadan Pasmar 3 mengajak masyarakat Kampung Batu Lobang untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, jaga jarak (physical distancing), hindari kerumunan (social distancing) dan rajin mencuci tangan serta tidak lupa untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi.

Turut hadir dalam Baksos tersebut Asrena Danpasmar 3 Kolonel Mar Anjas Wicaksono Putro, M.Tr. Hanla, Danmenart 3 Marinir Kolonel Mar Kurniawan B.C.P, Dandenma Pasmar 3 Letkol Mar Sapto Putro Pamungkas, Kepala Kampung Batu Lobang Bapak Marinus Makabo dan Pendeta Batu Lobang Bapak Daniel Bisi.

Ditempat yang berbeda Asintel Danpasmar 3 Kolonel Mar Ferdy Takaendengan didampingi Danbrigif 3 Marinir Kolonel Mar Edi Prayitno, Asops Danpasmar 3 Letkol Mar I Gede Edi Supryadi, M.Tr.Hanla, M.Tr (Han), Pabanpam Sintel Pasmar 3 Letkol Mar Rahadian Pribadi, S.H, Pasops Brigif 3 Marinir Letkol Mar Hertanto, M.Tr.Hanla dan Danyonif 11 Marinir Letkol Mar Edwin Sinae, M.Tr.Opsla melaksanakan kegiatan yang sama yaitu membagikan paket sembako kepada masyarakat di Katapop Pantai, Kel. Katinim, Distrik Salawati, Kab. Sorong. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *