Pemdes Wehali Giat Pembersihan Selokan, Warga Kritisi Dinas PUPR Bidang Kebersihan Malaka

BAGIKAN :
Kades Wehali Roby Tei Seran saat memimpin warganya melakukan giat pembersihan sampah dalam selokan di Kota Betun,(20/03/2020)
Foto : Chiren Morgan

MALAKA,NKRIPOST – Pemerintahan Desa Wehali, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka melakukan Jumaat bersih dengan membersihkan selokan di sekitar jantung kota Betun, ibukota Kabupaten Malaka, Jumaat (20/03/2020).

Kegiatan ini melibatkan hampir seluruh warga desa Wehali dan para aparatur desa dan dipimpin oleh Kades Wehali, Yohanes Roby Tei Seran. Tujuan pembersihan ini adalah untuk memberantas sarang nyamuk penyebab DBD (Demam Berdarah Dengue) yang hingga kini mengalami peningkatan di Kabupaten Malaka.

Selokan setelah dibersihkan dan diangkat sampahnya.

Terpantau Media ini di lokasi tepatnya di perempatan samping SMA Sinar Pancasila Betun, warga bergotong – royong membersihkan selokan yang sudah lama tersumbat dengan banyak tumpukan sampah yang membusuk.

” Ini agenda rutin kami Pemdes Wehali. Kita bergerak untuk membantu teman – teman di dinas Kesehatan untuk menekan angka DBD di Kabupaten Malaka,khususnya desa Wehali yang ada di jantung kota yang mana kita lihat, banyak sampah menumpuk di saluran. Ini kalau tidak dibersihkan maka akan menjadi sarang nyamuk,” ujar Roby Tei Seran,Kades Wehali di lokasi kegiatan, Jumaat (20/03/2020).

Sementara itu di lokasi pembersihan selokan tepatnya di Bakateu, Desa Wehali, warga bernama Olviana Juplina Nale mengkritisi Dinas PUPR Bidang Kebersihan Kabupaten Malaka. Olviana menuturkan bahwa saluran depan rumahnya sering tersumbat dan menimbulkan aroma tidak sedap. Tidak hanya itu saja,pengakuan dirinya bahwa tidak adanya upaya dari Dinas PUPR untuk menguras saluran disekitar Kota Betun mengakibatkan tergenangnya air saat hujan nanti.

” Selama ini mereka hanya datang foto dan foto saja. Tidak pernah datang kurus ini sampah dan lumpur sudah menumpuk hampir tutup ini saluran juga. Tolong adik wartakan dan jangan takut,” tutur ibu rumah tangga ini kepada wartawan NKRIPOST.COM.

Banyak sampah plastik dalam selokan yang jarang dijamah oleh petugas Kebersihan Dinas PUPR Kabupaten Malaka.

Terpantau NKRIPOST.COM, di sekitar lokasi, terdapat banyak tumpukkan sampah di pinggir jalan yang belum dibereskan oleh Dinas PUPR Bidang Kebersihan Kabupaten Malaka. Hal ini selain mengganggu ketertiban pengguna jalan dan merusak pemandangan kota Betun, juga memicu banyaknya sarang nyamuk berkembang biak dengan pesat.

” Kita bantu bereskan semuanya. Intinya kami dari Pemdes Wehali berharap desa dan kota Betun ini bersih,sehingga bebas dari DBD yang bahayanya mematikkan,” ujar Kades Wehali.(Chiren Morgan)

Publikasi : 20 Maret 2020 by admin

BAGIKAN :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Untuk Informasi Silahkan Hubungi Kami
Untuk Informasi Seputar NKRIpost Bisa Hubungi Kami