Pemda Morowali Gandengi Sombori Diving Club (SDC) Ke Arah Pembangunan Berkelanjutan

BAGIKAN :

NKRIPOST, MOROWALIPemerintah Kabupaten Morowali fokus kearah pembangunan berkelanjutan ( Stainable Development) dalam mengelola konservaso dan wisata di Bumi Asa Tepe Asa Moroso

Melalui program pembangunan berkelanjutan Pemerintah daerah gandengi Sombori Diving Club ( SDC ) untuk meningkatkan potensi wisata yang ada.

Oleh karenanya, seluruh pemangku kepentingan termasuk pemerintah dalam berbagai sektor pembangunan harus menerapkan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan dalam setiap kebijakan maupun rencana pembangunan yang akan dilaksanakan.

Dalam hal ini, Bupati Morowali, Drs. Taslim merekomendasikan kepada Organisasi Sombori Diving Club (SDC) Morowali,
“Dalam upaya membantu meningkatkan pembangunan di Kabupaten Morowali khususnya bidang konservasi desa wisata dengan berkeliling pulau-pulau untuk melatih kader Konservasi Desa Wisata seputaran Pulau Sombori Kecamatan Menui Kepulauan,” ucapnya melalui Kominfo Morowali 9/3/20

Hal senada juga di sampaikan Ketua SDC Kasmudin (Kasmud Diver) bahwa Setelah dilakukannya pelatihan konservasi wisata di Desa Pulau Tiga, kini SDC Morowali kembali melajutkan perjalanan keliling pulau-pulau kecil Se- Kecamatan Menui Kepulauan, yakni Desa Dongkalan yang dilaksanakan selama 3 (Tiga) hari, mulai 5 sampai 7 Maret 2020 yang lalu.

” Desa dongkalan merupakan Pulau ke-4 (Empat) yang menjadi Prioritas Pasukan SDC dalam melakukan pelatihan Peningkatan SDM Kader Konservasi Desa Wisata,” kata Kasmudin Selaku Ketua SDC Morowali

Ia juga menambahkan, bahwa bagi kami berpetualang di daerah kepulauan ini ada daya tarik sendiri, pasalnya beragam etnik dan budaya kita temui, isu lingkungan hingga persoalan kami jumpai, namun bagi kami menjadi keunikan saat berkunjung.

Dari hasil pantauan survei kami, Desa Desa Dongkalan merupakan desa yang potensial dan menjanjikan bagi masa depan Putri dan putra daerah di Kabupaten Morowali.

Bersama rombongan Tim telah bersepakat dengan Perintah Desa, bahwa Dongkalan akan di jadikan Kampung Pelangi dalam waktu dekat.

Menurut para Asesor Muda SDC Morowali, Permasalahan utama di Desa Wisata dongkalan tersebut kurang bagaimana penanganan Sampah Plastik rumah tangga.

Namun itu semua bisa teratasi dengan hasil musyawarah Bersama pemerintah desa, Kader Konservasi, Masyarakat dan tim Asesor SDC.

Sehingga Permasalahan Sampah khusus Plastik akan di kelola bersama-sama, yakni dengan menjadikan sampah lebih bernilai dan biasa menghasilkan sesuatu yg bisa dimanfaatkan.

Sementara itu Koordinator perjalanan, Mohammad Fadli yang telah dipercayakan menjadi Ketua Panitia kegiatan keliling pulau, mengatakan bahwa peningkatan SDM keliling pulau tersebut akan dituntaskan sampai akhir bulan Maret mendatang.

Disamping itu juga, SDC Morowali bersama pemda melalui Diskominfo Morowali, dalam hal membantu mendistribusikan/membagikan bulletin ( Majalah) “ Sejahtera Bersama” yang merupakan edisi pertama terbitnya di Kabupaten Morowali kepada masyarakat yang berada di pulau-pulau Se-Kecamatan Menui Kepulauan. (Octaviana)

Sumbar Kominfo Morowali : Octaviana

Biro Morowali : Rahman

Publikasi : 9 Maret 2020 by admin

BAGIKAN :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Untuk Informasi Silahkan Hubungi Kami
Untuk Informasi Seputar NKRIpost Bisa Hubungi Kami