Pelantikan Pejabat Eselon II, PANSEL JPTP Kabupaten Jepara Tunggu Surat Rekomendasi KASN

Silaturrahmi Dan Doa Bersama

NKRIPOST.COM, JEPARA – Sejak 8 September 2020, Pansel JPTP atau panitia seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP), di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara Tahun 2020, yang di pimpin oleh Ir. Sholih, MM., selaku ketua panitia dan 4 anggota yang lain yaitu : Ir. Sujarot, ASISTEN ADMINISTRASI UMUM (II.b) dan plt. KEPALA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA, Ir. Achid Setiawan Candra Ningrat M. Si., Asisten II Sekda Jepara dan Plt. Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, H. Khaeron Syarifudin, SH,M.Si., dan Mashudi M.Ag., Ketua Umum MUI Kabupaten Jepara periode 2019-2024.

Pansel berdasarkan surat pengumuman No. III/PANSEL-JPTP/XI/2020, menetapkan 3 orang calon dari 5 posisi Pejabat Tinggi Pratama, untuk pengisian jabatan di dinas Kabupaten Jepara, namun hingga Rabu, 23/12/2020, ke 5 nama pejabat tersebut belum juga dilantik, karena menunggu surat rekomendasi dari KASN ( Komisi Aparatur Sipil Negara ) untuk penetapan dan pelantikan.

Seorang pengamat pemerintahan Jepara yang ditemui dan enggan di sebutkan namanya, Selasa 22/12/2020, mengatakan “seharusnya mengacu pada wewenangnya, KASN bisa meminta informasi masyarakat, mengenai laporan pelanggaran norma dasar, kode etik dan kode perilaku Pegawai ASN. Untuk Pansel di akhir tahun 2020 ini, banyak kekurangan, dalam pedoman seleksi terbuka JPT Kabupaten Jepara, keanggotaan Pansel Jepara, tidak memperhatikan hal seperti :

  1. Keterwakilan gender
  2. Perbandingan anggota Panitia Seleksi, berasal dari unsur internal instansi paling banyak 45% dan unsur eksternal instansi paling sedikit 55%.
  3. Anggota dari unsur akademisi/pakar/profesional yang mempunyai keahlian di bidang manajemen SDM.

Ketiga hal tersebut tidak dipenuhi oleh PPK Pejabat Pembina Kepegawaian,” katanya.

Berdasarkan UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 5 TAHUN 2014 TENTANG APARATUR SIPIL NEGARA, bunyi dan isi Pasal 32, angka (1) KASN berwenang: a. mengawasi setiap tahapan proses pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi mulai dari pembentukan panitia seleksi instansi, pengumuman lowongan, pelaksanaan seleksi, pengusulan nama calon, penetapan, dan pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi.

Warga masyarakat yang peduli terhadap mutasi dan rotasi pejabat di Jepara, menunggu kejutan awal tahun 2021, pejabat baru yang akan menduduki jabatan tinggi pratama Eselon II di Kabupaten Jepara.

Loading...

NKRIPOST : Purnomo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *