Pejuang DOB Kabupaten Malaka, Dimakamkan Diiringi Tangisan Pilu Masyarakat

BAGIKAN :

Publikasi : 7 April 2020 by admin

Keluarga duka Almarhum Ludovikus Taolin

Malaka, NKRIPOST – Bertempat di rumah duka almarhum Ludovikus Taolin dilepas secara resmi oleh Pemkab Belu yang dipimpin oleh wakil bupati Belu, Drs. J. T. Ose Luan , Senin (06/04/2020). Jenasah mantan Wakil Bupati Belu Periode 2009-2014 yang saat meninggal masih menduduki jabatan sebagai anggota DPRD Provinsi NTT periode 2019 – 2024, Ludovikus Taolin, BA, akhirnya dilepas secara resmi oleh Pemerintah Kabupaten Belu untuk dimakamkan di kampung halamannya desa Kusa, Kecamatan Malaka Timur, Kabupaten Malaka.

Tokoh yang dulu terlibat aktif sebagai salah satu pejuang untuk memekarkan Wilayah Kabupaten Belu dan melahirkan Daerah Otonomi baru Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur ini tutup usia pada tanggal 2 April 2020 dalam usia 68 tahun, di Rumah Sakit Siloam Tangerang Banten.

Selepas menduduki jabatan sebagai Wakil Bupati Belu tahun 2014 silam, almarhum sempat mencalonkan diri sebagai Bupati kabupaten Malaka periode 2015-2020 didampingi calon Wakil Beni Chandradinata, namun gagal. Selanjutnya tahun 2019 Almarhum kembali mencalonkan diri sebagai anggota DPRD dari Partai Kebangkitan Bangsa Dapil VII, Provinsi Nusa tenggara Timur dan terpilih dengan suara terbanyak saat itu.

Belum Genap satu tahun menduduki kursi anggota DPRD Provinsi Nusa Tengara Timur Almarhum sudah dipanggil menghadap sang khalik. Meninggalnya pejuang DOB Malaka ini menyisakan banyak duka dan pilu di segenap masyarakat Belu dan Malaka.

Pantauan media NKRIPOST.COM, Jenazah diberangkatkan dari kediaman almarhum menuju Kecamatan Io Kufeu, Kabupaten Malaka untuk diupacarakan secara adat istiadat orang Malaka, khusus Sonaf Amanas Io Kufeu. Almarhum adalah raja Io Kufeu dan dikenal sebagai Bangsawan yang rendah hati dan banyak berjasa untuk masyarakat kecil di Kabupaten Belu dan Kabupaten Malaka. Mengingat akan jasanya, jerit tangis ribuan masyarakat Malaka ini memecah sunyi dan menambah sedihnya ditinggal wafat orang tersayang.

Setelah dilakukan ritual adat melepas Raja Io Kufeu,almarhum Ludovikus Taolin, atau biasa disapa oleh rakyatnya Pah Bouk, rombongan bersama jenazah diarak menuju Kusa, Kecamatan Malaka Timur, Kabupaten Malaka. Sepanjang perjalanan, di setiap desa yang dilewati, ratusan orang menanti dengan tangisan yang pilu melepas kepergian tokoh politik yang rendah hati dan santun. Mereka terpukul dengan kepergian sang pejuang DOB Malaka.

” Pah Bouk, masih banyak harapan yang kami limpahkan ke bapak. Tapi kami iklas dengan semua ini. Bahagia di surga dan selamat jalan Pah Bouk,” ujar salah satu warga yang tangis dan ucapannya bersamaan saat jebazah melintas di depannya.

Sesampainya di Kusa, tepatnya di rumah lama sang pejuang, banyak masyarakat sudah menanti untuk melepaskan Jenazah dan dimakamkan di liang lahat yang sudah disiapkan. Raut kesedihan nampak di wajah mereka. Wajar, karena semasa hidupnya, Almarhum Ludovikus Taolin banyak berjasa dan dicintai rakyatnya.

Tepat pukul 16.00 Wita, Jenazah dimakamkan secara resmi. Sebelumnya diadakan ibadah dan penghormatan terakhir dari pihak keluarga, petugas partai politik, sahabat almarhum dan lain sebagainya.

Sekedar informasi, selama acara mete bersama di rumah duka sampai saat penguburan, dilakukannya Protab Covid-19 untuk menghindari penyebaran Corona virus. Imbauan cuci tangan sebelum dan sesudah melayat diberlakukan dan dipandu oleh pihak keluarga.

Penulis / Editor : Killer Manek / Morgan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Untuk Informasi Silahkan Hubungi Kami
Untuk Informasi Seputar NKRIpost Bisa Hubungi Kami