SELAMAT DATANG DI NKRI POST
TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI KAMI
SAMPAI JUMPA LAGI

Orang Papua Suka Kasih, Uskup Mandagi: Dekatilah Orang Papua, Jangan dengan Kekerasan!

BAGIKAN :
Uskup Mandagi bersama Bupati Merauke Frederikus  Gebze, SE, MSi, Tokoh Selatan Papua  Drs Johanes Gluba  Gebze dan  5 tokoh  agama lainnya,  unsur TNI dan POlri saat menyalakan lilin  permadamaian   pada perayaan syukur 25 tahun  tahbisan Mgr Petrus Canisius Mandagi, MSC sebagai uskup di pelataran  halaman kantor Bupati Merauke, Sabtu (25/10)

Merauke – Uskup Administrator Apostolik Keuskupan  Agung Merauke  Mgr. Petrus Canisius Mandagi, MSC mengingatkan aparat  keamanan  dalam hal ini TNI dan Polri yang ada di  Papua khususnya  Papua Selatan  untuk melakukan pendekatan kemanusian  dengan  orang Papua, bukan dengan menggunakan   kekerasan.

“Dekatilah   orang Papua, jangan dengan kekerasan! Apalagi  dekati orang Papua dengan bedil dan senjata. Saya minta kepada tentara dan Polisi jangan menggunakan kekerasan,’’ tandas Mgr  Petrus Canisius Mandagi, MSC pada perayaan 25 tahbisan  sebagai Uskup di pelataran  halaman  Kantor Bupati Merauke, Sabtu (25/10).   

Menurut Uskup Petrus Mandagi, penggunaan  kekerasan dalam menyelesikan suatu  persoalan hanya akan menciptakan kekerasan  berikutnya. Tidak pernah menciptakan  kedamaian.

“Saya sering ketemu dengan para Jenderal. Saya bilang, Mereka mau marah silakan. Karena saya tidak bisa diganti oleh Presiden. Yang bisa ganti saya Paus. Tapi kalau mau ganti pergi ke Roma sana.Tapi saya bicara benar. Kalau saya bicara benar, maka saya berani mati  demi kebenaran. Karena itu dekatilah orang Papua. Jangan  dengan kekerasan. Semoga aparat keamanan bisa mendengarkan apa yang saya sampaikan  ini. Jangan  dengan kekerasan tapi dekatilah dengan cinta kasih. Orang Papua itu suka kasih,’’ tandasnya.

Uskup Mandagi  juga menjelaskan bahwa  perayaan  yang dilaksanakan ini sebagai komitmen  selama  menjadi Uskup di Merauke  untuk menjaga Selatan Papua sebagai tanah damai.   

‘’Saya  akan korbankan diri  untuk membangun kedamaian di sini.  Saya bukan sombong, tapi di Maluku   boleh-boleh saja, sehingga kelompok masyarakat sangat  menghargai. Pada perayaan baru-baru dari GPM  memberikan foto besar, Uskup Mandagi sahabat GPM. Mendesak saya  untuk tanah Selatan Papua harus menjadi  tanah damai,’’   jelasnya.

Loading...

Uskup Mandagi  juga menyampaikan terima kasih dan  provisiat  kepada seluruh masyarakat Merauke  yang telah mampu menciptakan   Tanah Papua Selatan sebagai tanah  damai, meski di sejumlah daerah di Papua terjadi kerusuhan. 

“Saya  juga sampaikan  terima kasih   kepada TNI dan Polri, pemerintah daerah dan   tokoh masyarakat, tokoh agama dan seluruh stakeholder  yang mampu  menjaga Merauke sebagai tanah damai,” tandasnya.

Bupati Merauke Frederikus Gebze, SE, M.Si, Sekda  Drs Daniel Pauta  dan tokoh Selatan Papua Drs Johanes Gluba Gebze  hadir dalam  perayaan misa syukur  yang dihadiri sekitar 1.000-an umat Katolik  tersebut (Ceposonline)

Terbitkan Pada: 27 Oktober 2019 by NKRI POST

BAGIKAN :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Untuk Informasi Silahkan Hubungi Kami
Untuk Informasi Seputar NKRIpost Bisa Hubungi Kami